Jumat, 1 Juli 2022

Hajar Bangladesh 4-1, Malaysia Lolos ke Piala Asia 2023

Timnas Malaysia lolos ke Piala Asia 2023 usai menghajar Bangladesh 4-1 di laga pamungkas kualifikasi Grup E. (Foto: CNN Indonesia)

Kuala Lumpur (Riaunews.com) – Malaysia berhasil lolos ke Piala Asia 2023 usai mengalahkan Bangladesh 4-1 pada laga terakhir Kualifikasi Piala Asia di Stadion Bukit Jalil, Selasa (14/6/2022) malam WIB.

Kemenangan atas Bangladesh mengamankan posisi Malaysia di peringkat kedua Grup E. Tim yang diarsiteki Kim Pan Gon berhak menempati posisi itu dengan koleksi enam poin yang mereka miliki.

Dilansir CNN Indonesia, Malaysia terpaut tiga poin dari Bahrain yang perkasa di puncak klasemen karena mampu menyapu bersih tiga kemenangan. Bahrain dan Malaysia pun lolos ke putaran final Piala Asia 2023.

Bahrain lolos langsung sebagai juara grup sedangkan Malaysia bisa melakukannya karena menjadi satu dari lima runner up terbaik.

Malaysia tampil percaya diri dalam laga yang menentukan kontra Bangladesh. Harimau Malaya memulai pertandingan dengan baik setelah tendangan penalti Safawi Rasid menggetarkan gawang Bangladesh pada menit ke-16 untuk membawa tuan rumah unggul 1-0.

Malaysia yang mendapatkan dukungan dari fans mereka terus berupaya untuk memperbesar keunggulan. Namun, Safawi dan kawan-kawan dibuat terkejut karena Bangladesh bisa menyamakan kedudukan menjadi 1-1 melalui gol yang dicetak Mohammad Ibrahim pada menit ke-31.

Skor imbang 1-1 tidak bertahan lama karena tujuh menit berselang Malaysia bisa kembali unggul. Sepakan kaki kiri pemain naturalisasi, Dion Cools di dalam kotak penalti berhasil merobek gawang Bangladesh.

Malaysia semakin di atas angin pada awal babak kedua. Syafiq Ahmad mampu menempatkan namanya di papan skor untuk memperbesar keunggulan tuan rumah menjadi 3-1.

Pendukung Malaysia kembali bersorak kegirangan pada pertengahan babak kedua. Tim kebanggaan mereka bisa kembali mencetak gol, kali ini melalui Darren Lok.

Penyerang Petaling Jaya City itu dengan tenang menceploskan bola memanfaatkan umpan silang terukur dari sisi kanan penyerangan. Skor pun berubah menjadi 4-1 yang bertahan hingga laga usai.

Hasil ini mengamankan langkah Malaysia tampil di Piala Asia untuk kali keempat. Harimau Malaya terakhir kali tampil di Piala Asia tahun 2007 saat menjadi tuan rumah bersama Indonesia, Vietnam, dan Thailand.***

Tinggalkan Balasan