Sabtu, 20 April 2024

Jadi Juara Grup, Indonesia Hadapi Singapura di Semifinal Piala AFF

Ikuti Riaunews.com di Google Berita
 
Selebrasi pemain Indonesia usai mencetak gol ke gawang Malaysia di laga Grup B Piala AFF 2020.

Singapura (Riaunews.com) – Timnas Indonesia akan melawan tuan rumah Singapura pada babak semifinal Piala AFF 2021 (2020) di Stadion Nasional, Rabu (22/12/2021) mendatang.

Ini setelah skuat Garuda berhasil melaju ke semifinal Piala AFF tahun ini dengan status juara Grup B. Hasil tersebut diraih usai menghajar Malaysia 4-1 di Stadion Nasional pada laga terakhir grup, Ahad (19/12/2021).

Dengan menjadi juara grup, Indonesia akan bertemu Singapura sebagai runner-up Grup A. Tuan rumah Singapura menempati posisi kedua klasemen lantaran kalah 0-2 dari Thailand pada laga pemungkas grup.

Rapor Indonesia pada fase grup Piala AFF 2021 cukup impresif karena tidak menelan kekalahan dan menjadi juara grup.

Tim asuhan Shin Tae Yong ini memulai perjalanan Piala AFF dengan menumbangkan Kamboja 4-2. Kebobolan dua gol sempat membuat pertahanan Indonesia dipertanyakan, terlebih lagi permainan Skuad Garuda juga belum mumpuni.

Akan tetapi, pada laga kedua melawan Laos, Evan Dimas dan kawan-kawan bermain cukup apik dengan menang telak 4-0.

Pada laga ketiga yang juga krusial saat melawan Vietnam, pertahanan Indonesia tampil brilian. Tim Merah Putih bertahan dengan apik sehingga menahan imbang The Golden Star Warriors 0-0.

Tambahan satu poin itu membuka asal Indonesia ke semifinal jelang melawan Malaysia. Menghadapi Harimau Malaya dalam laga penentuan, Indonesia bermain brilian.

Sempat tertinggal lewat gol Kogileswaran Raj pada menit ke-12, Indonesia membalas dan berbalik unggul lewat dua gol Irfan Jaya pada menit ke-36 dan 43′.

Di babak kedua Indonesia menambah keunggulan melalui gol indah Pratama Arhan pada menit ke-50. Gol sundulan Elkan Baggott pada menit ke-82 melengkapi kemenangan Indonesia atas Malaysia jadi 4-1.

Tiga poin itu membuat Indonesia mengoleksi 10 poin dalam empat pertandingan. Jumlah poin dan selisih gol Indonesia sama dengan Vietnam.

Akan tetapi, Indonesia lebih berhak menjadi juara Grup B karena unggul produktivitas gol. Dalam empat laga Indonesia mengoleksi 19 gol dan kebobolan 4 kali, sedangkan Vietnam hanya mencetak 9 gol tanpa kebobolan.***

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *