Selasa, 24 Mei 2022

5 Fakta Menarik Jelang Chelsea Vs Liverpool di Final Piala FA


London (Riaunews.com) – Final Piala FA 2022 akan mempertemukan Chelsea kontra Liverpool. Ada lima fakta menarik yang berhubungan dengan laga yang bakal terselenggara di Stadion Wembley, London, Sabtu (14/5/2022) pukul 22.45 malam WIB.

Chelsea melangkah ke final setelah menang 2-0 atas Crystal Palace.

Sementara itu, Liverpool menyingkirkan Manchester City dengan skor 3-2 untuk sampai ke panggung final turnamen sepak bola tertua.

Pada pertandingan ini, Chelsea akan berusaha meraup kemenangan untuk meraih trofi kesembilan mereka di ajang ini.

Di sisi lain, Liverpool berniat menambah koleksi FA Cup mereka menjadi delapan.

Sebelum menyaksikan laga Chelsea vs Liverpool, berikut Kompas.com sajikan lima fakta menarik menjelang laga final Piala FA 2021-2022:

1. Chelsea, Tim Tersukses Piala FA Sejak Pergantian Abad
The Blues tercatat menjadi tim tersukes di Piala FA sejak pergantian abad.

Klub yang bermarkas di Stamford Bridge itu telah mencapai 11 kali laga final termasuk 2022, enam di antaranya berhasil menjadi kampiun.

Baca juga: Prediksi Final Piala FA: Chelsea Goyah, Liverpool Favorit Juara

Enam trofi juara Piala FA Chelsea sejak pergantian abad diraih pada 2000, 2007, 2009, 2010, 2012, dan 2018.

 

2. Jurgen Klopp Ukir Rekor
Juru strategi Liverpool Jurgen Klopp mengukir sejarah sebagai manajer pertama yang mencapai final Liga Champions, Piala FA, dan Piala Liga Inggris pada musim sama.

Adapun final Piala FA musim 2021-2022 menjadi yang pertama bagi Klopp.

 

3. Duel Thomas Tuchel vs Jurgen Klopp Ciptakan Sejarah
Laga final FA Cup musim ini merupakan ajang yang mempertemukan dua pelatih asal Jerman, yakni Thomas Tuchel dan Jurgen Klopp.

Untuk kali pertama, dua pelatih berkebangsaan Jerman akan beradu taktik di final Piala FA.

Menariknya, laga ini juga merupakan ulangan dari partai puncak Piala Liga Inggris ketika Liverpool mengalahkan Chelsea pada akhir Februari 2022.

Alhasil, laga nanti menjadi kali pertama ada dua tim sama bertemu di final Piala FA dan Piala Liga pada satu musim sejak Arsenal dan Sheffield Wednesday pada 1993.

4. Partai Ulangan Final Piala FA 2012
Kedua tim pernah bersua pada final Piala FA sebelum ini. Pada 5 Mei 2012, Chelsea yang dilatih Roberto Di Matteo berhasil menumbangkan Liverpool besutan Kenny Dalglish 2-1 untuk menjuarai Piala FA 2011-2012.

Pencetak gol Chelsea ketika itu adalah gelandang asal Brasil Ramires dan bomber legendaris mereka Didier Drogba.

Liverpool hanya bisa memperkecil defisit skor melalui tembakan striker mahal mereka yang kerap dicap gagal, Andy Carroll.

Kiper Chelsea, Petr Cech, juga melakukan penyelamatan super dengan satu tangan saat menangkis bola sundulan jarak dekat Carroll.

5. Duel Dua Tim yang Sudah Melewati Musim Melelahkan
Chelsea dan Liverpool adalah dua tim yang telah melalui perjuangan luar biasa musim ini.

Secara total, BBC mencatat kedua tim tersebut telah melakukan 13 lawatan ke delapan negara berbeda.

Mereka telah mencetak 261 gol sepanjang musim ini dan terlibat dalam enam adu penalti.

Kedua tim akan mengakhiri musim ini dengan bermain sebanyak 63 kali. Bagi Chelsea, ini adalah jumlah laga terbanyak mereka sejak menjadi juara Liga Europa dan menjadi runners up Piala Liga pada 2018-2019.

Sementara, jumlah tersebut akan menjadi yang terbanyak bagi Liverpool sejak 2015-2016 setelah mereka jadi runners up Liga Europa pada musim pertama Klopp.

Hebatnya, Liverpool hanya kalah tiga kali sepanjang musim ini di semua kompetisi: Saat bertandang ke West Ham dan Leicester di Premier League dan saat menjamu Inter Milan di Liga Champions.

Tinggalkan Balasan