Kamis, 24 Oktober 2024

Mees Hilgers dan Eliano Reijnders Resmi Sandang Status WNI

Ikuti Riaunews.com di Google Berita
 
Mees Hilgers dan Eliano Reijnders diambil sumpahnya sebagai WNI. (Foto: PSSI)

Brussel (Riaunews.com) – Dua pemain keturunan Mees Hilgers dan Eliano Reijnders, resmi menyandang status sebagai Warga Negara Indonesia (WNI).

Keduanya secara sah mendapat status WNI setelah diambil sumpah setia di KBRI, Brussel, Belgia, pada Senin (30/9/2024) malam WIB.

Pengambilan sumpah setia pewarganegaraan dihadiri langsung oleh wakil dari Kemenkumham, Dirjen AHU (Direktur Jenderal Administrasi Hukum Umum) Cahyo Rahadian Muzhar, yang disaksikan Dubes RI untuk Belgia dan Uni Eropa, Andri Hadi, serta anggota Komite Eksekutif PSSI, Arya Sinulingga.

“Saya berterima kasih kepada semua pihak, mulai dari Presiden Jokowi, Komisi III dan VI DPR, Dirjen AHU dan Dirjen Imigrasi, serta Dukcapil DKI Jakarta yang memungkinkan percepatan sumpah WNI dua pemain naturalisasi kita, Mees dan Eliano,” kata Ketua Umum (Ketum) PSSI Erick Thohir dalam keterangan tertulisnya.

Erick Thohir pun menjelaskan alasan keduanya harus melakukan pengambilan sumpah di KBRI Brussel. Hal itu tidak lain, karena keduanya itu tidak punya jeda waktu, apabila pengambilan sumpah dilakukan di Indonesia.

“Sementara kami berharap keduanya sudah bisa bermain saat Timnas berlaga melawan Bahrain dan Cina, Oktober nanti. Ini kerjasama semua pihak, dan saya bangga karena semua bekerja demi Indonesia,” ujarnya menambahkan.

Eliano Reijnders saat ini bermain sebagai pemain tengah di klub liga Belanda Eredivisie, PEC Zwolle. Ia merupakan adik kandung dari gelandang klub AC Milan dan Timnas Belanda, Tijjani Reinjders. Pemain berusia 23 tahun itu berdarah Indonesia karena sang ibu, Angelina Syane Lekatompessy bersuku Ambon dan lahir di Jakarta.

Sementara Mees Hilgers, juga berusia 23 tahun memiliki darah Indonesia melalui sang Ibu, Linda Tombeng yang berasal dari Sulawesi Utara. Mees kini menjadi pemain belakang utama FC Twente yang pekan lalu sukses menahan, 1-1, klub raksasa liga Inggris, Manchester United di ajang Europa League.***

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *