Rabu, 10 Agustus 2022

Kehilangan Hak Konsesi di MotoGP Aprilia Justru Senang, Kok Bisa?

Pembalap MotoGP pabrikan Aprilia Aleix Espargaro.

Noale (Riaunews.com) – Bukan pabrikan ‘anak bawang’ lagi, Aprilia tetap senang meskipun kehilangan konsesi setelah Aleix Espargaro cetak podium di MotoGP Spanyol 2022.

Tujuh tahun sejak kembali ke ajang MotoGP pada 2015 silam, Aprilia akhirnya kehilangan hak konsesi mereka di MotoGP Spanyol 2022, Ahad (1/5/2022).

Hal tersebut berkat podium ketiga yang dicetak oleh Aleix Espargaro di MotoGP Spanyol 2022 setelah menyalip Marc Marquez dan Jack Miller di akhir balapan.

“Menyalip Marquez dan Miller tidak gampang, jadi saya memilih untuk menunggu karena ini balapan yang panjang,” ujar Aleix Espargaro dalam siaran resmi, Senin (2/5/2022).

“Saya mendapatkan kesempatan emas (ketika menyalip Miller) karena saya juga berhasil menyalip Marquez sekaligus setelah ia melakukan kesalahan,” tambahnya.

Dilansir GridOto, dengan podium ketiga yang ia cetak berkat manuver tersebut, Espargaro pun memastikan hilangnya hak konsesi untuk Aprilia setelah menggenapkan total torehan poin konsesi mereka menjadi enam poin dalam satu tahun terakhir.

Hilangnya hak konsesi juga berarti hilangnya hak-hak khusus seperti pengembangan mesin selama musim berlangsung, alokasi mesin yang lebih banyak, serta pengetesan tidak terbatas.

Alih-alih waswas, Aprilia malah mengaku senang akhirnya bisa melepaskan status konsesi mereka pada MotoGP Spanyol 2022 kemarin.

“Terus terang kami tidak punya rencana untuk kehilangan konsesi dengan cara seperti ini, tapi kami sangat senang akan itu,” tawa Paolo Bonora selaku Aprilia Race Manager dalam kesempatan terpisah.

“Seluruh anggota tim termasuk Maverick Vinales dan Aleix Espargaro juga sangat senang akan capaian ini,” lanjutnya.

Tidak heran jika pabrikan asal Noale, Italia tersebut senang akhirnya dapat melepaskan status konsesi.

Karena artinya, Aprilia sudah tidak lagi menjadi ‘anak bawang’ dan dinilai sudah mampu bersaing dengan aturan yang sama dengan para pabrikan lain yang lebih dulu sukses di MotoGP.

Maklum, aturan konsesi memang dibuat untuk membantu pabrikan yang kesulitan tampil kompetitif di ajang MotoGP.

Meskipun begitu, Paolo mengatakan pihaknya kini harus menyusun rencana pengganti untuk program tes mereka.

Termasuk di Tes MotoGP Jerez Senin (2/5/2022) ini, karena salah satu efek kehilangan hak konsesi adalah Aprilia tidak lagi bisa melakukan pengetesan dengan pembalap MotoGP mereka di luar sesi yang sudah ditentukan.

“Aleix sudah bilang ingin mencoba beberapa hal dalam sesi tes ini, tapi saya menjawab kalau kami akan berusaha semaksimal mungkin agar dia tidak bisa melakukan pengetesan lagi, dan kami berhasil,” canda Paolo.

“Terlepas dari itu, kami juga harus diskusi ulang soal pengembangan mesin untuk memastikan bahwa mesin kami bisa lebih baik lagi utamanya dari segi ketahanan,” tambahnya.

“Karena mulai tahun depan, jatah alokasi mesin kami menjadi lebih sedikit dibandingkan saat ini,” tutup Paolo.***

Tinggalkan Balasan