Jumat, 19 April 2024

Holywings dan Semacamnya Tuntas Dengan Syariah

Ikuti Riaunews.com di Google Berita
 
Ina Ariani

Oleh Ina Ariani

Baru-baru ini, media kembali heboh dengan berita Holywings. Apasih Holywings? Holywings adalah sebuah usaha yang bergerak dalam bidang food and beverage dan didirikan sejak tahun 2014 oleh PT Aneka Bintang Gading. Holywings menawarkan sebuah konsep beer house, klub malam, dan lounge yang dikemas secara atraktif. Holywings sendiri memiliki tiga gerai, yaitu gerai Holywings Club, Holywings Bar, dan Holywings Restaurant.

Kini Holywings menjadi sorotan karena telah mengeluarkan promo minuman beralkohol gratis yang menuai kecaman publik. Akhirnya promosi yang diunggah akun Instagram offisial Holywings itu dilaporkan ke Polda Metro Jaya. (Kompas.com)

Holywings membuat promo minuman gratis khusus bagi pelanggan yang bernama “Muhammad dan Maria”. Dua nama ini adalah nama orang mulia bagi umat muslim. Dia adalah Muhammad utusan Allah untuk umat akhir zaman dan Beliau Nabi Muhammad Saw adalah uswatun hasanah tauladan seluruh umat. Sementara Maria adalah Ibunda Nabi Isa As, wanita paling mulia penghuni surga.

Bagi Umat Muslim ini adalah penghinaan, maka Holywings mendapat banyak kecaman dari publik. Sehingga Holywings Indonesia pun menyampaikan permintaan maaf nya terkait promosi minuman alkohol gratis khusus untuk pelanggan bernama ‘Muhammad’ dan ‘Maria’. Agar masalah yang terjadi dapat terselesaikan sesuai dengan prosedur hukum yang berlaku. Dalam pernyataan terbukanya, Holywings berbicara demi nasib 3.000 karyawan yang bergantung pada usaha food and beverage tersebut. Ujar Holywings Indonesia dalam akun Instagram resminya, Ahad (26/6/2022, news.detik.com)

Lagi-lagi penista agama khususnya terhadap Nabi Muhammad meminta maaf dan dukungan dari masyarakat. Cukupkah hanya meminta maaf? Tidak Cukup dengan Kata Maaf! Harus ada sanksi tegas terhadap penista atau penyebar SARA.

Sistem Demokrasi
Di zaman sekarang, banyak kita temukan orang yang begitu mudahnya menghina agama dengan mengatasnamakan kebebasan berpendapat. Dari berbagai kasus penghinaan agama, semuanya berakhir tanpa proses hukum yang jelas, bahkan berakhir hanya dengan permintaan maaf. Na’udzubillah

Adapun perihal nasib ribuan karyawan Holywings beserta keluarganya yang terancam jika usahanya ditutup hanyalah dalih yang mereka jadikan tameng untuk menghindar dari jeratan hukum dan sanksi sosial. Mereka sama sekali tak memikirkan sakit hatinya kaum muslimin melihat nabinya dihina. Bagaimana rasanya jika agama mereka dihina orang lain?

Rasa prihatin kerap menghampiri kita menyaksikan hal ini.

Namun, kasus penghinaan agama berulang tersebut seolah-olah menjadi wajar, ketika hukum yang diterapkan di negeri ini adalah hukum sekuler buatan manusia. Inilah realita hukum buatan akal manusia ketika diterapkan atas hidup manusia, yang notabene makhluk lemah ciptaan Allah Subhanahu Wa Ta’ala.

Di antara tiga akibat penerapan hukum sekuler adalah sebagai berikut:
1. Hukum bebas diutak-atik dan ditafsirkan sesuai hawa nafsu sang pembuat hukum.
2. Kezaliman marak terjadi di tengah masyarakat. Banyak kita saksikan kondisi dunia terbalik: yang haq jadi bathil, benar jadi salah, baik jadi buruk, terpuji jadi tercela, dan lain sebagainya. Norma-norma sosial dan agama lambat laun hilang dari hidup kita.
3. Kemaksiatan, termasuk penistaan agama, merajalela.

Dalam kasus Holywings, ada dua kejahatan yang dilakukan Holywings. Pertama, promosi produk khamr (miras). Kedua, desakralisasi agama, lewat penyandingan nama besar Nabi Muhammad sejajar dengan khamr. Astaghfirullah

Maka, sungguh tak cukup hanya dengan minta maaf untuk mengakhiri kasus penghinaan agama, termasuk Nabi Allah. Jika pun pelakunya diproses hukum, hukumnya harus jelas dan tegas.

Selain terjerat dalam kasus penghinaan agama, Holywings juga terjerat kasus perdagangan produk khamr. Kedua hal tersebut adalah dua bentuk maksiat yang berdosa besar.

Bagaimana kaum muslimin menyikapi hal ini?

Tak Ada Toleransi dengan Maksiat

Allah tidak menciptakan manusia tanpa tujuan. Sesuai fitrahnya, Allah menciptakan manusia hanya untuk mengabdi kepada-Nya (QS. Az-Zariyat: 56).

Terlepas dari ketidaksempurnaan manusia yang tidak maksum (kecuali nabi dan rasul), sebagai hamba Allah, sudah sepatutnya segala bentuk kemaksiatan manusia harus dihentikan. Ada seruan Allah berupa perintah dan larangan-Nya yang harus ditaati oleh kaum muslimin.

Jika seruan ini dilanggar, maka ada sanksi (uqubat) sebagai balasannya di dunia. Fungsinya sebagai:
1. Zawajir, sebagai pencegah orang lain dari melakukan maksiat semisal.
2. Jawabir, sebagai penebus dosa pelaku maksiat di Yaumil Akhir.

Terkait produk Khamr, Khamr diharamkan Allah, sebagaimana dalam firman-Nya:
“Wahai orang-orang yang beriman! Sesungguhnya minuman keras, berjudi, (berkurban untuk) berhala, dan mengundi nasib dengan anak panah, adalah perbuatan keji dan termasuk perbuatan setan. Maka jauhilah (perbuatan-perbuatan) itu agar kamu beruntung.” (QS. al-Maidah: 90)

Orang-orang yang terlibat dalam perdagangan produk Khamr pun dicela Allah dan rasul-Nya.

Rasulullah shalallahu ‘alaihi wassalam bersabda: “Allah melaknat peminum khamr dan penjualnya.” (HR. Hakim)

“Rasulullah shalallahu’alaihi wassalam melaknat sepuluh golongan dengan sebab khamr: orang yang memerasnya, orang yang minta diperaskan, orang yang meminumnya, orang yang membawanya, orang yang minta di antarkan, orang yang menuangkannya, orang yang menjualnya, orang yang makan hasil penjualannya, orang yang membelinya, dan orang yang minta dibelikan.” (HR. Tirmidzi)

Sanksi yang diberlakukan Islam atas pelaku khamr adalah sebagai berikut.

Menurut Syaikh Abu Bakar Jabir al-Jazairi dalam kitab “Minhajul Muslim”, hukuman bagi peminum khamr adalah dicambuk 80 kali pada bagian punggungnya. Had ini sesuai dengan yang dicontohkan Nabi Muhammad atas para pelanggar larangan minum khamr.

Adapun terkait menghina agama (termasuk menghina Nabi Muhammad), tindakan tersebut jelas haram.

Ulama telah bersepakat bahwa hukuman atas penghina Nabi shalallahu ‘alaihi wassalam adalah hukuman mati. Dalam kitabnya ‘Sharimul Maslul’, Syaikhul Islam Ibnu Taimiyyah rahimahullah berkata, “orang yang mencela Nabi shalallahu ‘alaihi wassalam baik muslim maupun kafir, ia wajib dibunuh. Ini adalah mazhab mayoritas ulama.”

Ibnu Munzir berkata, “Mayoritas ulama bersepakat bahwa hukuman bagi pencela Nabi shalallahu ‘alaihi wassalam adalah hukuman mati. Di antara yang berpendapat demikian adalah Malik, Al Laits, Ahmad, Ishaq, dan ini juga termasuk pendapat mazhab Syafi’i.”

Ini juga berlaku bagi muslim yang belum bertobat. Karena mereka dikatakan Allah “kafir sesudah beriman” sebagaimana dalam firman-Nya, “Katakanlah, ‘Apakah dengan Allah, ayat-ayat-Nya dan Rasul-Nya kamu selalu berolok-olok?’ Tidak usah kamu minta maaf, karena kamu kafir sesudah beriman.” (QS. At-Taubah: 65 – 66).

Begitu pula orang kafir. Mereka bisa dikenai hukuman mati jika mencela Nabi shalallahu ‘alaihi wassalam.

Dari ‘Ali radhiyallahu anhu,

أَنَّ يَهُوْدِيَّةً كَانَتْ تَشْتِمُ النَّبِيَّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ وَتَقَعُ فِيْهِ، فَخَنَقَهَا رَجُلٌ حَتَّى مَاتَتْ فأَبْطَلَ رَسُولُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ دَمَهَا.

“Seorang wanita Yahudi mencela Nabi shalallahu ‘alaihi wassalam dan mencaci maki beliau. Kemudian seorang laki-laki mencekiknya hingga mati, maka Rasulullah shalallahu ‘alaihi wassalam membatalkan (hukuman atas) penumpahan darah wanita itu.” (HR Abu Dawud)

Jika pun pelaku penistaan nabi bertobat nasuha dan Allah mengampuninya (QS. Az-Zumar : 53), hal itu tidak lantas menggugurkan hukuman mati baginya di dunia.

Karena terkait hal ini, ulama berbeda pendapat terkait tobatnya penghina nabi. Di antaranya:
1. Hukuman mati dilaksanakan, ia gugur dengan tobatnya.
2. Tobatnya tidak diterima dan hukuman mati harus diberlakukan.
3. Tobatnya diterima dan hukuman mati harus tetap dijalankan.

Demikianlah Islam menindak tegas pelaku khamr dan penistaan nabi. Namun, penerapan sanksi ini tidak boleh dilakukan secara serampangan dan main hakim sendiri. Harus ada institusi negara yang menerapkan Syariat Allah agar sanksi terhadap pelanggar syariat-Nya dapat diterapkan. Dialah Daulah Khilafah Islamiyah yang pernah ada selama kurang lebih 13 abad. Dengan penerapan Syariat Islam, takkan ada yang berani melanggar syariat Allah.

Jadi Holywings dan semacamnya tuntas hanya dengan syari’ah dan khilafah. Dengan menerapkan Islam secara kaffah totalitas, tidak mengambil sebagian dan mencampakkan sebagian yang lain.

Wallahu a’lam bishawwab.***

 

Pegiat Literasi Ideologis Pekanbaru

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *