Selasa, 23 April 2024

SMK Labor laksanakan UKK Siswa Program Keahlian TKJ

Ikuti Riaunews.com di Google Berita
 
Pelaksanaan UKK program keahlian TKJ di SMK Labor, Senin (4/3/2024)

 

Pekanbaru (RiauNews.com) – Pelaksanaan Uji Kompetensi Keahlian (UKK) tahun 2024 Program Keahlian Teknik Komputer dan Jaringan (TKJ) SMK Labor Binaan FKIP UNRI, dimulai hari ini, Senin (4/3/2024).

“Jumlah peserta UKK program keahlian TKJ sebanyak 48 siswa”, ujar Ketua Kompetensi Keahlian TKJ SMK Labor, Aflina Sari Dewi kepada RiauNews.com, Senin (4/3/2024).

Disebutkan Aflina, paket ujian yang diterapkan dalam pelaksanaan UKK adalah Paket 3.  “Selain kemampuan instalasi server dan jaringan, pada mata uji Paket 3 siswa juga dituntut dapat mengembangkan serivce level agreement dan menganalisa hasil kerja sesuai dengan kebutuhan,” ungkapnya.

Sementara itu, indikator kelulusan peserta UKK ditentukan berdasarakan unjuk kerja siswa selama pelaksanaan ujian dimana materi uji memang didisain sesuai kebutuhan dunia kerja/ dunia industri.

Untuk penilaian UKK, disamping penguji internal dari sekolah, pihak SMK Labor juga melibatkan penguji eksternal dari kalangan praktisi dunia usaha/ dunia industri.

“Penguji eksternal kita datangkan dari perusahaan IT yang memang sudah memliki kredibelitas dibidangnya, dan tentu saja harus memiliki sertifikat international, minimal yang dikeluarkan oleh Cisco Academy,” kata Aflina lagi.

Sebagai salah satu syarat kelulusan, khususnya siswa SMK, UKK merupakan materi uji terkait kecakapan atau kompentesi siswa dalam menyerap keahlian vokasional. Dengan keahlian teruji, diharapkan siswa dapat bersaing memperoleh pekerjaan sesuai dengan jurusannya di dunia usaha atau dunia industri.

“Kami berharap, khusus siswa jurusan TKJ, 100 persen mendapatkan capaian kompeten pada UKK tahun ini,” pungkas Aflina.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *