Jumat, 25 Oktober 2024

Tanggapan Rektor UNY Terkait UKT Bagi Mahasiswa Kurang Mampu

Ikuti Riaunews.com di Google Berita
 
Kampus Universitas Negeri Yogyakarta.

Yogyakarta (Riaunews.com) – Rektor Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) Sumaryanto mengatakan, di berbagai tempat sudah menyampaikan dosen, tenaga kependidikan, mahasiswa yang kesulitan terutama masalah keuangan bisa kirim surat ke rektor.

Tetapi, harus jujur dengan kondisi keuangan keluarganya.

“Kalau tidak bisa membayar kirim surat ke rektor, Insya Allah mesti saya bantu itu komitmennya. Jadi kami tidak ingin, keluarga besar kami tidak selesai studi hanya masalah uang, maka ajukan surat ke rektor. Kalau bukan UNY yang membantu, Sumaryanto secara pribadi,” tuturnya, sebagaimana dilansir Kompas, Kamis (12/1/2023).

Sumaryanto menuturkan, ada mekanisme untuk pengajuan penurunan nominal UKT di UNY. Mahasiswa yang bersangkutan, diketahui oleh orangtua, mengajukan ke rektor.

“Diketahui orangtua, juga pimpinan mengajukan ke rektor, bisa penundaan, bisa penurunan, bisa pembebasan. Pasti surat itu saya disposisi mohon untuk dipelajari, nanti jajaran biasanya Pak WR II,” bebernya.

Misalkan ada mahasiswa yang masih keberatan, maka bisa didiskusikan. Bahkan, Sumaryanto menyatakan akan menemui mahasiswa tersebut untuk berdiskusi.

“Silahkan komplain kepada rektor, Pak Kami itu nggak kuat kalau diturunkan sekian. Itu pasti saya temui, kuatnya berapa tho Mas? Soalnya kenapa tho Mas? Kenapa tho Mba?” tuturnya.

Sumaryanto mengaku sedih jika ada mahasiswa yang tidak bisa membayar dan bahkan sampai depresi.

Sumaryanto pun akan segera menindaklanjuti terkait informasi yang diunggah di media sosial terkait dengan UKT.

“Kalau kesulitan saya angkat anak asuh itu, kalau kesulitan kos bisa di rumah saya. Saya minta datanya yang itu tadi (RNF), akan saya follow up, akan saya cari datanya. Sedih saya mendapat kabar seperti itu,” pungkasnya.***

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *