Rabu, 10 Agustus 2022

Gibran dan Risma Bakal Diusulkan PDIP Jadi Calon Gubernur DKI 2024

Nama Gibran Rakabumingraka dan Tri Rismaharini digadang-gadang PDIP jadi Gubernur DKI Jakarta 2024.

Jakarta (Riaunews.com) – Sekretaris Jenderal Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Hasto Kristiyanto mengatakan pihaknya akan mengusulkan sejumlah nama yang akan diusung menjadi Gubernur DKI Jakarta pada Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2024.

Hasto menyebut nama Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka dan Menteri Sosial Tri Rismaharini yang berpeluang untuk ajukan partainya pada Pilkada mendatang.

Ia menilai keduanya memiliki potensi yang kuat lantaran memiliki rekam jejak sebagai kepala pemerintahan di daerahnya masing-masing.

“Bu Risma dalam kepemimpinan selama dua periode di Kota Surabaya mampu menunjukkan perubahan yang signifikan. Mas Gibran beliau sudah terpilih sebagai Wali Kota Solo tentu saja harus juga membuktikan bagaimana kepemimpinan Mas Gibran,” kata Hasto kepada wartawan di Sekolah Partai DPP PDIP, Jakarta Selatan, Jumat (7/1/2022).

Tak hanya Gibran dan Risma, pihak partai juga melakukan proses kaderisasi di Sekolah Partai PDIP dan baginya orang-orang tersebut layak diajukan sebagai calon Gubernur DKI Jakarta.

“Tidak hanya dua nama (Risma dan Gibran). Ada juga Anas dari Banyuwangi, Hendi dari Semarang, kemudian pak Kanang dari kabupaten Ngawi. Cukup banyak,” ujar Hasto.

Sebagai informasi, Pilkada Serentak 2024 akan digelar, termasuk pemilihan Gubernur DKI Jakarta. Walau pemilihan seharusnya diadakan tahun ini, namun pemerintah memutuskan untuk menunda Pilkada hingga 2 tahun mendatang.

Untuk itu, pemerintah nantinya akan memilih pelaksana tugas (plt) kepala daerah hingga menunggu Pilkada diadakan pada 2024. Menteri Dalam Negeri (Mendagri) nantinya akan mengusulkan nama plt gubernur dan akan dipilih oleh presiden.

Mendagri akan memiliki plt gubernur dari pejabat Aparatur Sipil Negara (ASN) yang menduduki jabatan pimpinan tinggi madya atau setara eselon I.***

Tinggalkan Balasan