Jumat, 29 Maret 2024

Kecewa Tak Diusung pada Pilkada 2020, Mantan Ketua PAN Rokan Hulu Syahril Topan Gabung ke Golkar

Ikuti Riaunews.com di Google Berita
 
Syahril Topan pindah ‘kapal’ dari PAN ke Golkar.

Pasirpengaraian (Riaunews.com) – Mantan Ketua DPD Partai Amanat Nasional Kabupaten Rokan Hulu, Muhammad Syahril Topan, resmi bergabung ke Partai Golkar.

Tidak tanggung-tanggung, Ketua DPD Golkar Riau H Syamsuar, langsung menempatkan Topan pada jabatan strategis sebagai Wakil Ketua Bidang Pemenangan Pemilu (Bappilu) Golkar Wilayah Kabupaten Rokan Hulu.

Syahril Topan menyatakan bergabungnya ia ke Partai “beringin rindang” itu sebagai bentuk penghargaan dirinya kepada Partai Golkar yang telah mengusung dirinya maju sebagai calon Wakil Bupati pada Pilkada Rohul tahun 2020 lalu.

“Sementara Partai tempat kita bernaung (PAN-red) yang kita besarkan dari semula 4 kursi menjadi 6 kursi DPRD, namun partai Golkar lah yang ternyata tetap komit mengusung kita di pilkada. Sebagai politisi yang diusung, ini merupakan penghargaan yang harus dihargai, dan cara menghargainya adalah masuk ke Partai Golkar dan membesarkan Partai Golkar,” ucap Syahril Topan, Sabtu (5/2/20222), sebagaimana dilansir Cakaplah.com.

Topan menegaskan, bergabungnya ia ke Partai Golkar bukan sebagai bentuk kekecewaan pada Partai Amanat Nasional (PAN) yang tidak mengusung dirinya pada pilkada Rohul lalu.

Menurutnya, bergabungnya ia ke Partai Golkar adalah hal yang normal dilakukan politisi yang berstatus politisi non partai, pasca dia diberhentikan sebagai pimpinan, anggota DPRD, ketua partai dan kader PAN, sebagai bagian konsekuensi politik dirinya maju pilkada.

“Ini bukan bentuk kekecewaan saya ke PAN, karena bagi saya partai itu adalah tempat berkiprah berkarya yang muaranya bagaimana kita mampu berbuat untuk kesejahteraan rakyat. Itu normatif saja, ketika tidak berada lagi di partai yang kita besarkan, boleh dong kita masuk ke partai yang betul-betul menghargai kita,” tegasnya.

Bergabungnya Topan ke Partai Golkar ibarat kembali ke rumah lama. Pasalnya, sebelum masuk ke PAN yang membesarkan namanya, ternyata Topan pernah menjabat sebagai Pimpinan Kecamatan (PK) Partai Golkar Kecamatan Tambusai.

Bersama pengurus DPD Golkar Rohul, Syahril Topan menyatakan siap berkontribusi melakukan penguatan Partai Golkar hingga ke akar rumput dengan membangun struktur partai yang kuat termasuk organisasi yang mendirikan dan didirikan.

Ia berharap, dengan struktur partai yang kuat di tingkat akar rumput, dapat mengembalikan kejayaan Partai Golkar di DPRD Rohul dengan mengamankan 14 kursi dan berstatus sebagai Ketua DPRD.

Selain itu, Topan juga berambisi memenangkan ketua DPD Golkar Riau H. Syamsuar untuk kedua kalinya, pada Pemilihan Gubernur Riau 2024 mendatang. Apalagi, Syahril Topan juga merupakan salah satu aktor pemenangan Syamsuar di Rohul pada periode lertama, dimana pada saat itu ia masih berstatus sebagai Ketua DPD PAN Rohul.

Disinggung terkait akan adanya eksodus kader PAN ke Golkar, Syahril Topan juga tidak menampik akan terjadi hal itu, terutama kader-kader PAN yang setia kepadanya. Namun ia menegaskan, perpindahan kader PAN tersebut nantinya bukan didasarkan paksaan dirinya namun murni keinginan sendiri dari kader PAN.

“Yang jelas saya tidak pernah memaksa kader PAN untuk bergabung ke Golkar, tapi saya pikir mana yang setia akan ikut masuk Golkar,” tutupnya.***

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *