Rabu, 17 Juli 2024

Mengira ‘Senjata’ Andalan Cak Imin, Gibran, Mahfud di Debat Malam Ini

Ikuti Riaunews.com di Google Berita
 
Tiga Cawapres akan melaksanakan debat pada malam ini, Jumat (22/12/2023).

Jakarta (Riaunews.com) – Debat kedua calon presiden dan wakil presiden 2024 akan digelar Jumat (22/12/2023) malam ini. Debat akan diikuti oleh calon wakil presiden.

Mereka bakal beradu gagasan dan visi misi terkait dengan isu-isu ekonomi.

Secara khusus, debat kali ini akan mengusung tema ekonomi kerakyatan, ekonomi digital, keuangan, investasi pajak, perdagangan, pengelolaan APBN/APBD, infrastruktur, dan perkotaan.

Ketiga pasangan calon (paslon) capres cawapres pun sebelumnya sudah memaparkan masing-masing visi dan misinya terkait ekonomi Tanah Air.

Lantas program manakah yang bakal menjadi andalan dan kekuatan para cawapres dalam debat malam ini?

Dilansir CNN Indonesia, berikut kemungkinan ‘senjata’ andalan mereka;

1. Muhaimin Iskandar

Direktur Center of Economics and Law Studies (Celios) Bhima Yudhistira memprediksi cawapres nomor urut 1 Muhaimin Iskandar alias Cak Imin akan mengeluarkan beberapa senjata andalannya.

Senjata itu antara lain;

1. Program pemerataan ekonomi

2. Ekonomi berbasis pesantren

3. Kredit Rp10 juta tanpa bunga dan agunan bagi para milenial

4. Hilirisasi pertanian dan perikanan

5. Reformasi perpajakan dan pengelolaan uang.

Sementara Direktur Eksekutif Center of Reform on Economics (CORE) Mohammad Faisal mengatakan paslon nomor 1 memiliki visi untuk melakukan perubahan terhadap program-program yang sudah dijalankan sekarang.

“Termasuk juga di antaranya ada, kalau kita lihat visi misinya, nomor 1 ini banyak menyampaikan strategis-strategis yang lebih detail yang terkait dengan ekonomi hijau, penurunan emisi, pengendalian iklim. Untuk yang lain, nomor 1 juga di dalam visi misi menyebutkan bahwa pentingnya hubungan antara kota dan desa,” kata Faisal kepada CNNIndonesia.com, Kamis (21/12).

2. Gibran Rakabuming Raka

Bhima menyebut cawapres nomor urut 2 Gibran Rakabuming Raka bakal mendorong program yang terkait dengan sumber daya manusia (SDM).

“Sementara Gibran akan mendorong program yang terkait SDM, seperti makan siang dan susu gratis, kredit startup dan melanjutkan program pembangunan infrastruktur,” ucap Bhima kepada CNNIndonesia.com.

Sementara Faisal mengatakan paslon nomor 2 bakal melanjutkan program-program yang sudah ada namun tetap menawarkan program baru seperti makan siang gratis.

“Tapi bukan hanya itu semestinya. Ada juga nanti yang terkait masalah hilirisasi, terkait juga nanti masalah ekonomi hijau dan lain-lain,” kata dia.

3. Mahfud MD

Sementara proyeksi Bhima, cawapres nomor urut 3 Mahfud MD akan lebih bicara soal pemberantasan korupsi untuk meningkatkan daya saing, pemberdayaan nelayan, dan program ekonomi biru serta ekonomi hijau.

“Kalaupun melanjutkan program Jokowi akan tetap muncul kritik dari pihak Mahfud,” kata Bhima.

Faisal mengatakan paslon nomor 3 ingin melakukan percepatan, termasuk di antaranya mempercepat pembangunan Ibu Kota Nusantara (IKN). Salah satu yang ditawarkan juga termasuk KTP Sakti, integrasi kartu yang menyatukan NPWP, KTP, KIS, KIP, dan lain-lain.***

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *