Rabu, 1 Februari 2023

Pakar Politik: Megawati Sedang Mainkan Drama Politik Dengan Menegur Ganjar dan FX Hadi

Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri.

Jakarta (Riaunews.com) – PDIP belakangan menegur dua kadernya, Ganjar Pranowo dan FX Hadi Rudyatmo atas sikap mereka soal capres. Namun dinamika internal partai berlambang banteng ini justru dinilai sebagai drama politik yang dimainkan Megawati Soekarnoputri, Ketua Umum PDIP.

Mengutip Wartaekonomi, pakar psikologi politik Universitas Sebelas Maret (UNS) Abdul Hakim menyebut pemanggilan Ganjar ke kantor DPP PDI Perjuangan pada Senin (24/10/2022) lalu adalah keahlian Megawati dalam memainkan psikologi massa.

Baca Juga: Dipanggil DPP Karena Dukung Ganjar Capres, FX Hady Mengaku Siap Dibuang

“Publik Indonesia itu lebih tertarik dan emosional jika ada unsur drama di dalamnya. Sudah berkali-kali Bu Mega ini memainkan drama politik, seperti ketika mengusung Pak Jokowi dulu,” kata Abdul (25/10/2022).

Ditambah lagi, tidak ada efek signifikan terhadap Ganjar Pranowo setelah menerima sanksi lisan dari PDIP, hal ini berbeda ketika Gubernur Jawa Tengah itu dijatuhi hukuman surat peringatan.

“Jika teguran berupa surat peringatan itu akan memberikan dampak yang signifikan. Saya kira DPP hanya sekadar menegur lisan berdasarkan pertimbangan yang matang,” lanjutnya.

Abdul menyimpulkan, aksi PDIP menegur dua kadernya adalah cara mengkonsolidasikan posisinya sebagai partai besar.

Baca Juga: Ganjar Pranowo Disanksi PDIP karena Langgar Instruksi Megawati

“Artinya PDIP sedang memperkuat posisi partai. Jadi jangan sampai partai ini disepelekan atau dianggap tersingkir oleh manuver-manuver individu dari kader-kader partainya. Pemanggilan menunjukkan partai punya kuasa dan punya posisi di atas kader-kadernya, siapapun itu baik itu Ganjar, Rudi maupun Dewan Kolonel,” pungkasnya.***

Tinggalkan Balasan