Rabu, 17 Agustus 2022

Tsamara Amany Diperkirakan Bakal Kembali ke Politik, Tapi Sulit Balik ke PSI

Tsamara Amany (Foto: Detik)

Jakarta (Riaunews.com) – Direktur Eksekutif Parameter Politik Indonesia, Adi Prayitno, menyebut Tsamara Amany akan kembali lagi ke dunia politik usai keluar dari PSI. Namun, dia sangsi Tsamara akan kembali ke PSI.

“DNA Tsamara itu politisi, sangat mungkin comeback. Pasti gatal kalau tak terlibat politik. Entah dalam dan kapasitas apapun,” ujar Adi saat dihubungi, Kamis (21/4/2022).

Beberapa petinggi PSI menyampaikan membuka pintu Tsamara Amany jika akan kembali. Namun, Adi menyebut sulit bagi Tsamara untuk balik di PSI.

“Sulit kembali lagi kalau sudah keluar. PSI terbuka menandakan akan selalu merindukan Tsamara. Apapun judulnya, Tsamara aset penting bagi PSI,” katanya.

Alasan Tsamara keluar dari PSI dinilai masih menyisakan pertanyaan. Tsamara menyebut ingin berada di luar politik untuk mengangkat isu perempuan.

“Masih normatif dan klise,” katanya.

Adi menyebut publik berspekulasi soal alasan Tsamara Amany keluar dari PSI. Setidaknya ada tiga dugaan yang mencuat.

“Yang tahu persis alasan mundur dari PSI hanya Tsamara dan Tuhan saja. Tapi publik meraba-raba banyak kemungkinan. Pertama, mungkin Tsamara sudah lelah di PSI yang kerap bermanuver tapi tak kunjung lolos ke Senayan. Politisi manapun pasti realistis melihat keadaan politik. Makanya butuh suasana baru,” katanya.

“Kedua, mungkin juga ada tawaran yang lebih menggiurkan dari partai lain yang menjamin eksistensi Tsamara ke depan. Tapi, kalau ini yang terjadi pastinya Tsamara bakal di-bully publik karena selama ini Tsamara kerap idealis,” ucap Adi.

Kemudian, hal lain adalah ada kemungkinan Tsamara untuk meniti karir akademiknya dan tidak mau diganggu dengan urusan partai.

“Ketiga, mungkin juga Tsamara ingin meniti karir akademiknya, lanjut sekolah dengan menghilangkan ‘beban’ partisan politik jadi pengurus partai. Seorang akademisi cenderung nonpartisan dan independen tak berafiliasi ke parpol manapun,” ujarnya.

Alasan Tsamara Amary Keluar PSI
Politikus muda Tsamara Amany membeberkan alasannya keluar dari PSI. Tsamara menekankan keluar dari partai atas pertimbangan dan keinginan pribadi.

“Selama 5 tahun mengabdi di PSI sebagai Ketua DPP, per hari ini 18 April 2022, saya memutuskan untuk mengundurkan diri sebagai pengurus dan kader PSI. Keputusan ini saya ambil atas dasar pertimbangan pribadi, saya merasa saya membutuhkan perjalanan baru di luar partai politik,” kata Tsamara seperti dalam video di channel YouTube-nya, Senin (18/4).

Tsamara memastikan dirinya keluar dari PSI karena hendak fokus menyuarakan isu perempuan. Meski begitu, dia memastikan keputusan keluar ini bukan berarti hendak merendahkan peran PSI terkait isu perempuan.

“Untuk saat ini saya ingin fokus mengabdi untuk Indonesia melalui cara cara lainnya, salah satunya dengan fokus menyuarakan isu perempuan dan mengabdi untuk kepentingan perempuan,” jelasnya.

“Ini bukan berarti saya merendahkan peran atau efektivitas partai PSI dalam membawa perubahan, saya tetap percaya sebagaimana saat dulu saya bergabung PSI, politik dan partai adalah salah satu jalan paling masuk akal membawa perubahan dalam skala besar. Hanya saja, saya membutuhkan eksplorasi baru di luar ranah politik, setidaknya untuk saat ini,” lanjut dia.***

 

Baca Artikel Asli

Tinggalkan Balasan