Rabu, 10 Agustus 2022

Apple, Google, dan Microsoft Berkolaborasi Hilangkan Kata Sandi untuk Login

(ilustrasi)

Los Angeles (Riaunews.com) – Penghilangan login berbasis kata sandi di internet telah dijanjikan untuk waktu yang sangat lama, tetapi sekarang tampaknya janji itu akhirnya dapat dipenuhi.

FIDO Alliance, sebuah grup industri yang bertujuan untuk menstandardisasi metode autentikasi online, mengumumkan bahwa metode masuk tanpa kata sandi miliknya telah menerima dukungan dari pembuat browser besar: Apple, Microsoft, dan Google. Itu berarti bahwa akhir tahun ini pengguna akan dapat masuk ke berbagai akun web di internet tanpa menggunakan kata sandi di semua browser utama.

Jika Anda menggunakan smartphone modern, Anda akan mengenali cara kerjanya. Alih-alih meminta Anda memasukkan kata sandi, situs web akan mendorong pemberitahuan ke ponsel Anda yang meminta Anda untuk memverifikasi identitas Anda. Anda cukup mengautentikasi menggunakan metode yang sama yang biasa Anda gunakan untuk membuka kunci ponsel.

Itu bisa memasukkan PIN, menggunakan sensor sidik jari ponsel Anda, atau menggunakan sistem buka kunci wajah. Sistem kunci sandi FIDO memungkinkan Anda menggunakan salah satu perangkat lain yang ada untuk mengautentikasi dengan mengirimkan permintaan buka kunci ke perangkat tersebut menggunakan Bluetooth. Jadi selama Anda memiliki ponsel, laptop, atau iPad di dekat Anda, Anda dapat masuk dengan metode ini di mana saja.

Beberapa aplikasi dan situs web sudah menawarkan opsi autentikasi biometrik, tetapi dalam kebanyakan kasus, Anda harus memiliki akun yang ada (yang Anda buat dengan kata sandi) untuk mengaktifkan alternatif biometrik.

Sistem FIDO akan memungkinkan Anda untuk menggunakan opsi biometrik dari awal, yang berarti Anda bahkan tidak perlu membuat kata sandi untuk membuat akun.

Penting juga untuk dicatat bahwa sistem kunci sandi ini tidak menggantikan autentikasi dua faktor; itu hanya menggantikan kata sandi dalam aliran autentikasi standar.***

Tinggalkan Balasan