Benarkah Kita Tidak Bisa Bersendawa di Ruang Angkasa?

Atronot asal Inggris, Tim Peake, saat bertugas di Stasiun Luar Angkasa Internasional. (Foto: BBC)

London (Riaunews.com) – Astronaut Inggris Tim Peake melakukan setidaknya 250 eksperimen ilmiah untuk Badan Ruang Angkasa Eropa (ESA) dan mitra-mitra lain internasional.

Sering bersendawa? Mungkin karena sering dan dianggap biasa, kita tidak menaruh perhatian.

Tapi, jika kita seadainya berada di ruang angkasa, apakah kita akan tetap bisa bersendawa seperti di Bumi?

Jawabannya ternyata tidak, menurut astronaut Inggris, Tim Peake, yang berada di Stasiun Ruang Angkasa (ISS) selama 186 hari.

“Tapi penjelasannya sebenarnya seperti ini … Anda tetap bisa bersendawa, tapi Anda tidak perlu harus bersendawa,” kata Peake, saat menjawab pertanyaan di seputar hidup di ruang angkasa dari para siswa di Inggris, dilansir situs BBC Indonesia.

Peake menjelaskan di Bumi gelembung-gelembung udara naik ke atas, sementara air di tempat gelembung udara itu berada tidak ke mana-mana.

Jadi kalau misalnya kita minum air bersoda dan ada gelembung-gelembung udara di perut kita, maka gelembung udara ini akan naik. Dan kemudian kita bersendawa.

Proses ini terjadi karena ada gravitasi: semua yang punya densitas lebih rendah akan naik, dan yang punya densitas lebih tinggi akan berada di bawah.

Tim Peake mengatakan tinggal di ruang angkasa rasanya seperti berada di ruang kecil dalam waktu yang lama.

Ketika gravitasi nol dan saat dalam keadaan tanpa bobot, seperti yang terjadi di ruang angkasa, gelembung-gelembung udara akan bergerak ke segala arah.

Di ruang angkasa, ketika tablet bersoda dimasukkan ke dalam air di mangkuk, gelembung udara bergerak ke mana saja.

“Jadi gelembung udara [yang ada di perut kita] tidak bergerak ke atas ketika kita berada di ruang angkasa, yang membuat kita tidak bersendawa sesering saat kita berada di Bumi,” urai Peake.***

Tinggalkan Balasan

Next Post

Pembatasan Diakhiri, Warga Singapura Berbondong-bondong ke Luar Negeri Tapi Tak Bisa ke Indonesia

Sen Okt 18 , 2021
337 Singapura (Riaunews.com) – Setelah selama 21 bulan perbatasan Singapura praktis ditutup, warga negara-kota itu berbondong-bondong memesan tiket pesawat ke […]
%d blogger menyukai ini: