Selasa, 24 Mei 2022

1.883 Ekor Sapi Bantuan Pemprov Riau untuk 269 Kelompok Tani Akan Dikirim Awal Maret

Pemprov Riau pilih sapi Madura sebagai bantuan kepada ratusan kelompok tani.

Pekanbaru (Riaunews.com) – Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan (PKH) telah menyelesaikan proses pengadaan bantuan 1.883 ekor sapi untuk kelompok peternak di Provinsi Riau. Sebelumnya Dinas PKH telah melakukan proses lelang dan penandatangan kontrak.

Kepala Dinas PKH Provinsi Riau, Herman mengatakan, bantuan ribuan sapi tersebut dialokasikan pada Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) Riau tahun 2022 dengan nilai sebesar Rp20,9 miliar. Anggaran tersebut untuk pengadaan 1.883 ekor sapi, dengan rincian 269 ekor sapi jantan, dan 1.614 ekor sapi betina.

“Bantuan sapi untuk kelompok ternak sudah selesai. Kontraknya juga sudah diteken dengan pihak penyedia. Kegiatan ini sengaja digesa agar bisa segera terealisasi,” kata Herman, Ahad (27/2/2022).

Dipaparkan Herman, ribuan sapi tersebut akan mulai dikirimkan ke Riau pada awal bulan Maret mendatang, dikirimkan dalam empat tahap.

“Pada tahap pertama akan dikirimkan 567 ekor sapi. Begitu sampai di Riau, sapi tersebut akan dicek kesehatannya terlebih dahulu di Plaza Ternak Pekanbaru, setelah dipastikan sehat baru akan didistribusikan langsung kepada kelompok ternak,” jelasnya.

Herman menjelaskan, 269 kelompok ternak yang akan menerima bantuan sapi dari Pemprov Riau tersebut terdiri dari 47 kelompok dari Kabupaten Kuansing, 42 Indragiri Hulu, 29 Indragiri Hilir, 12 Pelalawan, 30 Kampar, 24 Siak, 6 Rokan Hulu, 43 Bengkalis, 35 Rokan Hilir dan 1 kelompok dari Pekanbaru.

“Untuk pengadaan sapi kita pilih jenis sapi Madura. Dan kami sudah cek langsung peternak sapi di pulau Jawa,” jelasnya. ***

Tinggalkan Balasan