Rabu, 17 Agustus 2022

Bambang Hendroyono Kukuhkan HA Fahutan IPB Komda Riau

Para pengurus HA Fahutan IPB Komda Riau, Ketua HA IPB Komda Riau Dr M Murod, berfoto bersama Ketum DPP HA Fahutan IPB DR Ir Bambang Hendroyono yang juga Sekjen Kementerian LHK /Istimewa.

 

PEKANBARU (RiauNews.com)-Bertempat di Taman Rekreasi Alam Mayang Kota Pekanbaru, Ahad (31/7/22), Ketua Umum Dewan Pengurus Pusat (DPP) Himpunan Alumni Fakultas Kehutanan dan Lingkungan Institut Pertanian Bogor (HA-Fahutan IPB), DR Ir Bambang Hendroyono (Kang Bahen),   mengukuhkan pengurus HA Fahutan Komda Riau Periode 2022-2025.  Kang Bahen yang juga Sekjen Kemen LHK ini mengukuhkan Ir H Mansyur HS sebagai Ketua HA IPB Komda Riau, sekretaris Vera Virgianti, serta sejumlah pengurus lainnya.

Pengukuhan HA Fahutan Komda Riau ini juga dihadiri oleh Ketua HA IPB Komda Riau, DR H M Murod yang juga menjabat Kepala Dinas LHK Provinsi Riau, serta anak isteri dari para alumni.

Dalam kesempatan tersebut,  Kang Bahen mengucapkan selamat atas dikukuhkannya para pengurus HA Fahutan IPB Komda Riau dan berpesan agar bisa membangun sinergisitas dengan HA IPB Komda Riau dan Pemprov Riau dalam mengisi pembangunan di Riau. Selain itu orang nomor dua di Kemen LHK RI ini juga menyampaikan beberapa point penting yang akan dijalani oleh para pengurus seperti,” Ketua HA IPB Komda Riau memiliki posisi strategis yakni sebagai Kepala Dinas Kehutanan dan Lingkungan Hidup Provinsi Riau, harus bisa menyatukan antara HA Fahutan IPB dengan HA IPB,” pesannya.

Yang tak kalah penting ia  juga menyampaikan 7 garis kebijakan dan strategi  kepada pengurus dan alumni Fahutan IPB, yakni:

  1. Pembinaan jiwa korsa( mars rimbawan)
  2. Penguatan standarisasi alumni
  3. Konsolidasi rimbawan, forest camp ( care and respect)
  4. Membangun jiwa kolaboratif
  5. Memerankan alumni
  6. Legecy usaha ( pemulihan ekosistem, pemulihan ekonomi)
  7. Paku integritas ( lihat, rasakan, fikirkan, masukan hati, katakan, saya lakukan)

Ketua Panitia pengukuhan HA Fahutan Komda Riau, Wahyu SHut dalam sambutannya menyampaikan ucapan selamat atas pengukuhan HA Fahutan IPB dan berterima kasih kepada seluruh tamu undangan atas kesediaannya untuk menghadiri acara tersebut, “ Semoga kakang, teteh dapat menjalankan tugas dan amanah dengan baik,” ujarnya.

Selain itu Wahyu yang merupakan top manejer disalah satu perusahaan besar di Riau,  berharap kepengurusan HA Fahutan IPB Komda Riau yang baru dapat membawa organisasi tersebut ke arah yang lebih baik,” Mampu membuat prestasi, memberikan sumbangsih untuk  kemajuan Provinsi Riau,” katanya.

Sementara itu DR H M Murod berharap para alumni Fahutan IPB di Riau dapat bersinergi dengan HA Alumni IPB Komda Riau yang dipimpinya dalam mendukung program Pemprov Riau seperti Riau Hijau.

Dirinya selaku Kadis LHK Provinsi Riau telah melakukan kerjasama dibidang kehutanan dengan Fahutan dan ilmu lingkungan IPB, untuk itu ia berharap HA Fahutan IPB dapat mengimplentasikan Kerjasama tersebut “Pemprov Riau sudah melouncing program Riau Hijau yang mana salah satu rencana aksi yaitu adalah bagaimana meningkatkan potensi sumber daya alam yang  kekuatannya adalah dibangun dari sektor Kehutanan. Nah ini  tentu memerlukan pengawalan dari kita semua para alumni Fahutan IPB, agar program Riau Hijau ini bisa berjalan dengan baik, dukungan juga kami harapkan dari pemerintah pusat, agar program ini  bisa berjalan seirama dengan program pemerintah daerah

Murod mengatakan sudah ada perubahan paradigma di Pemprov Riau, gubernur hari ini tidak menerbitkan kebijakan yang sifatnya ekstraktif,  tetapi lebih mendukung kepada restorasi ekosistem,” Untuk itu saya berharap para alumni dapat mendukung kebijakan tersebut,” imbuhnya.

Ketua terpilih, H Mansyur HS dalam sambutannya mengucapkan terimakasih atas ditunjuk sebagai ketua HA Fahutan Provinsi Riau, namun ia mengaku tidak akan mampu menjalankan roda organisasi tanpa adanya dukungan dari para alumni, ” Saya tidak bisa bekerja sendiri, saya berharap kepada semua untuk membantu kami,”katanya.

Dikatakan anggota DPRD Riau pada masanya ini, dalam komposisi kepengurusan HA Alumni IPD Komda Riau periode 2022-2025 sudah mewakili semua unsur, ada dosen ASN, dan swasta,” Ada pak Emi Sejati dosen Fahutan Unilak, ada buk pipin ASN dan ada pak Wahyu mewakili swasta,” ucapnya.

Usai prosesi pengukuhan, Kang Bahen, Murod dan Mansyur menanam pohon di taman rekreasi Alam Mayang disaksikan oleh pengurus serta alumni IPB. Acara ini ditutup dengan pencabutan doorprice dengan hadiah yang beragam.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Tinggalkan Balasan