Kamis, 21 September 2023

Masuki fase new normal, mahasiswa Kukerta Unri semprot tempat ibadah di Sukajadi dengan disinfektan

Mahasiswa Kukerta Unri semprot rumah ibadah dengan disinfektan seiring memasuki masa new normal. (Foto: istimewa)

Pekanbaru (Riaunews.com) – Memasuki masa new normal, mahasiswa Universitas Riau (UNRI) yang tergabung dalam Tim Relawan Covid-19 di Kelurahan Sukajadi, Kota Pekanbaru melakukan serangkaian kegiatan pencegahan penyebaran wabah Covid-19.

Para tim relawan yang terdiri dari Aldo Irsyaf Putra (FKIP), Dymas Ilham Dharmawan (FISIP), Elsa Fyodella (FEB), Gusliani Listanti (FKIP), dan Muhammad Ryan Hafizan (FT), melakukan penyemprotan disinfektan di sejumlah tempat ibadah yang ada di kelurahan Sukajadi.

Penyemprotan ini dilaksanakan selama dua hari, yakni pada Kamis (28/5/2020) dan Jumat (29/5).

Baca: Tim RancakBana Kukerta Unri bergabung dalam Tim Relawan Pencegahan COVID-19 di Nagari Talang Maur

Menurut Aldo, penyemprotan disinfektan ini dilakukan sebab Kota Pekanbaru akan memasuki masa new normal dan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) sudah tidak diberlakukan.

“Situasi seperti ini, kegiatan masyarakat perlahan-lahan akan mulai berlangsung seperti semula, termasuk melaksanakan kegiatan peribadatan pada sejumlah rumah ibadah,” ucapnya pada Riaunews.com melalui pesan WA, yang diterima redaksi, Sabtu (30/5/2020).

Dijelaskannya, pada hari pertama, tim relawan melaksanakan penyemprotan pada sejumlah rumah ibadah seperti Masjid Da’wah, Masjid Surya, Masjid Hikmah dan yang terakhir Gereja Advent serta sekolah yang berada di komplek gereja tersebut.

Pelaksanaan kegiatan ini didampingi oleh Pendi yang merupakan staf kantor lurah Sukajadi, serta Ketua RW yang berada di daerah sekitaran rumah ibadah tersebut.

Baca: Putus mata rantai Covid-19, mahasiswa Kukerta Unri semprot disinfektan rumah warga Desa Sawah Baru

“Pada hari kedua, tim relawan kembali melaksanakan penyemprotan disinfektan di Masjid Al-Ihsan, Masjid Al-Ikhlash, Masjid Amal Ikhlas, Masjid Al-Khairun, dan yang terakhir di Musholla Baitul Amal,” ucapnya

Pada kegiatan kali ini didampingi Lurah Sukajadi, Akhyar Junaidi. Di sela-sela proses penyemprotan, lurah juga mensosialisasikan kepada masyarakat yang hadir bahwa kegiatan ini berguna untuk mensterilkan sejumlah rumah ibadah agar dapat kembali digunakan untuk beribadah.

Sementara anggota tim lainya, Elsa menjelaskan, selain melakukan kegiatan penyemprotan, mereka juga mendatangi Dinas Kesehatan Kota Pekanbaru guna meminta data masyarakat yang rentan sakit di wilayah Sukajadi.

“Hal ini untuk membantu pihak Satgas Kelurahan Sukajadi, dapat mengelola data sebagai upaya preventif penanganan wabah Covid-19 di wilayah mereka,” tuturnya.***

Tinggalkan Balasan