Jumat, 1 Juli 2022

Shannora Yuliasari Gantikan Sugeng Widodo Pimpin BPTP Riau

Acara serah terima jabatan dan lepas sambut Kepala BPTP Riau, Rabu (18/5/2022). (Foto: istimewa)

Pekanbaru (Riaunews.com) – Pada hari ini, Rabu (18/5/2022), bertempat di Aula UPT Pelatihan Dinas PTPH Provinsi Riau dilaksanakan acara serah terima jabatan dan lepas sambut Kepala BPTP Riau dari Sugeng Widodo kepada Shannora Yuliasari disaksikan oleh Kepala Puslitbangbun Syafaruddin mewakili Kepala Badan Litbang Pertanian.

Turut hadir dalam acara ini Kepala Dinas/Badan Lingkup Pertanian di Provinsi Riau, Kepala Dinas/Badan Kabupaten Kota Se Provinsi Riau, Kepala BPTP Jambi selaku, Dekan Perguruan Tinggi se Provinsi Riau, pimpinan BRI, BNI, RRI, KTNA, insan pers dan seluruh staf BPTP Riau.

Pelaksanaan sertijab dan lepas sambut ini ditandai dengan penandatanganan berita acara serah terima jabatan Kepala BPTP Riau dan penyerahan memori sertijab yang disaksikan langsung oleh Kapuslitbangbun.

Sugeng Widodo dalam sambutannya menyampaikan dalam waktu kurang lebih dari 7 bulan bertugas di BPTP Riau belum banyak hal yang dapat dilakukan karena keterbatasan waktu dan proses transformasi Badan Litbang Pertanian.

Menurut Sugeng ada beberapa hal yang menjadi permasalahan di Provinsi Riau seperti permasalahan lahan yang sebagian besar merupakan lahan rawa, dan lahan kering yang berpotensi untuk dikembangkan.

“Lahan tersebut merupakan lahan marjinal yang memerlukan biaya yang tinggi, kelangkaan pupuk, kepemilikan lahan petani yang terbatas dimana rata-rata hanya 2 hektar,” katanya.

Ditambahkan Sugeng, teknologi yang diterapkan harus benar benar yang sesuai dengan yang dibutuhkan, murah dan aplikatif, permasalahan pemasaran produk pertanian dan permasalahan pemenuhan kebutuhan pangan di dalam Provinsi Riau.

“Ini menjadi PR bersama, khususnya untuk BPTP Riau dalam pengembangan pertanian di Riau,” lanjutnya.

Sementara itu Shannora Yuliasari selaku Kepala BPTP Riau yang baru, bertekat ingin mendekatkan inovasi teknologi kepada petani dan mitra lainnya sesuai dengan tupoksi Badan Litbang Pertanian dan mendiseminasikan teknologi yang dihasilkan kepada petani dan stake holder yang ada di Provinsi Riau.

“Pemerintah Provinsi Riau pastinya telah memiliki program-program dalam bidang pertanian dan selaku kepala BPTP Riau yang baru siap mendukung program-program tersebut,” ujarnya.

Shannora yang anggap dipanggil Rara ini juga mengatakan akan terus melakukan perbaikan baik internal maupun eksternal dan mengharapkan dukungan semua stakeholder di Provinsi Riau.

Kapuslitbangbun dalam arahannya mewakili Kepala Badan Litbang Pertanian mengucapkan selamat kepada Kepala BPTP Riau yang baru dan ucapan terimakasih kepada Kepala BPTP Riau yang lama. Beliau menyampaikan pesan dari Kepala Badan Litbang Pertanian agar proses transformasi yang sedang berjalan tidak menjadi penghalang untuk tetap bekerja dengan ikhlas, dan semua pegawai tetap semangat, keep spirit and positive thinking,

Sedangkan Kepala Dinas Pangan Tanaman Pangan dan Hortikultura Provinsi Riau Syahfalevi yang Mewakili Gubernur Riau menyampaikan bahwa pemerintah Provinsi Riau memiliki program dibidang pangan yaitu Riau Bertani dan bidang Hortikultura yaitu Riau Bertuah.

“Untuk mendukung program tersebut perlun adanya dukungan dan kerjasama dari semua pihak termasuk BPTP Riau mulai dari hulu ke hilir. Dukungan yang diperlukan tidak hanya untuk peningkatan produksi dan produktivitas semata namun juga peningkatan desain, packaging hingga pemasaran produk-produk yang dihasilkan,” ucap Syahfalevi.

Kadis juga menyampaikan apresiasi kepada BPTP Riau yang telah menjalin kerjasama terutama dalam menghasilkan Varietas Unggul Spesifik lokasi seperti pelepasan 5 varietas unggul padi spesifik lokasi Kabupaten Pelalawan yaitu, Bono, Cekau, Karya, Mendol dan Inpara Pelalawan.

“Saat ini juga tetap terjalin kerjasama dengan BPTP Riau dalam kegiatan permurnian dan pelepasan varietas padi gogo,” lanjutnya.

Syahfalevi berharap kepada Kepala BPTP Riau yang baru semoga hubungan yang baik ini tetap terjaga, komunikasi berjalan lancar dalam menyikapi persoalan-persoalan pertanian di Provinsi Riau

Pada kesempatan ini juga disampaikan kesan dan pesan oleh Sub Koord. KsPP BPTP Riau Fahroji yang mewakili seluruh staf BPTP Riau.

“Selama bertugas di BPTP Riau Dr. Sugeng menerapkan semboyan Ing Ngarsa Sung Tuladha, Ing Madya Mangun Karsa, Tut Wuri Handayani. Beliau memberikan contoh yang baik bagi junior, memberikan semangat kepada seluruh staf di BPTP Riau dan mendorong para staf untuk melakukan tugas sesuai dengan tupoksi masing-masing,” ungkap Fahroji.

Kegiatan sertijab dan lepas sambut ini di akhiri dengan penyerahan kenang-kenangan dan foto bersama.***[RLS]

Tinggalkan Balasan