Rabu, 1 Februari 2023

Aktivis Berdarah Tionghoa Lieus Sungkharisma Meninggal Dunia

Tokoh Tionghoa, Lieus Sungkharisma.

Jakarta (Riaunews.com) – Aktivis berdarah Tionghoa Lieus Sungkharisma meninggal dunia karena sakit jantung. Kabar duka tersebut dikonfirmasi Ketua GP Mania Immanuel Ebenezer atau Noel yang mendapatkan informasi dari pihak keluarga dan staf mendiang.

“Betul, beliau meninggal dunia,” kata Noel seperti diberitakan detikcom, Rabu (25/1/2023).

“Iya turut bersedih, (meninggal karena) sakit jantung,” tuturnya.

Sebelum meninggal dunia, Lieus Sungkharisma selaku perwakilan umat Buddha vokal membela mantan Menpora Roy Suryo terkait unggahan meme stupa Candi Borobudur yang diedit mirip Presiden RI Joko Widodo (Jokowi).

Lieus juga disertakan sebagai saksi dalam laporan yang dibuat Roy lewat kuasa hukum, Pitra Romadoni Nasution. Dalam laporan itu, ada tiga akun Twitter yang diduga sebagai pengunggah pertama meme stupa mirip Jokowi.

“Harus dibela ini (Roy Suryo). Bahkan beliau orang yang pertama melaporkan akun yang mengubah patung Buddha menjadi muka Jokowi,” ucap Lieus pada Agustus 2022.

Sebagai perwakilan umat Buddha, Lieus mengaku tak tersinggung dengan meme stupa mirip Jokowi. Lain halnya jika stupa itu diedit dengan muka hewan.

Lieus juga dikenal sebagai tokoh yang agak ‘berseberangan’ dengan pemerintahan Jokowi. Beliau bahkan dekat dan beberapa kali membela Habib Rizieq Shihab.***

Tinggalkan Balasan