Minggu, 14 April 2024

Anies Baswedan Mulai Diserang dengan Rekayasa AI

Ikuti Riaunews.com di Google Berita
 
Capres 01 Anies Baswedan. (Foto: Kumparan)

Jakarta (Riaunews.com) – Muncul rekaman suara palsu yang menirukan suara Ketum NasDem Surya Paloh dan Capres 01 Anies Baswedan di media sosial.

Rekaman suara itu menampilkan percakapan palsu seolah-olah Anies tengah dimarahi oleh Paloh usai debat capres.

Anies pun buka suara dan menyatakan bahwa rekaman suara itu adalah hasil dari rekayasa artificial intelligence (AI). Ia pun meminta agar masyarakat tidak mudah percaya.

“Ya, kita harus kritis saja, karena sekarang ada teknologi artificial intelligence yang bisa membuat, bahkan gambar, audio, visual nampak seperti asli,” kata Anies di Lapangan Jambidan, DIY, Selasa (23/1/2024), dilansir Kumparan.

“Itu sudah ketika kampanye Pilpres di Amerika saja waktu itu sudah ada,” lanjut Anies memberikan contoh.

Untuk itu, Anies berpesan agar masyarakat kritis memilah informasi yang beredar. Ia pun meminta semua pihak untuk mengecek kebenaran kabar yang didapat.

“Jadi sekarang kita sebagai masyarakat harus kritis sehingga kalau ada informasi yang datang, dicek kebenarannya. Dan sudah ada tempat-tempat untuk merujuk apakah ini hoaks atau bukan,” kata Anies.

Ia juga memberi pesan kepada seluruh pihak yang terlibat dalam kampanye untuk tidak melakukan kampanye penuh kebohongan.

“Ya gunakanlah kampanye yang baik. Yang sesuai dengan prinsip, jangan menggunakan pembohongan-pembohongan untuk berkampanye gitu ya,” pungkasnya.***

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *