Rabu, 17 Agustus 2022

Anies Masuk Bursa Capres PAN, Banyak Diusulkan dari Sumatera-Sulawesi

Anies Baswedan saat mengisi ceramah tarawih di masjid UGM, Yogyakarta. (Foto: VOI)

Jakarta (Riaunews.com) – PAN masih menggodok sejumlah nama untuk diusung sebagai bakal calon presiden (capres) pada Pilpres 2024 mendatang. Sejumlah nama tokoh mencuat untuk diusulkan sebagai capres dari luar PAN, salah satunya Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan.

“Cukup banyak saya memantau dari Sumatera dan dari Sulawesi itu muncul nama mas Anies,” ujar Ketua Rakernas PAN Bima Arya di Djournal House, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Selasa (28/6/2022).

Selain Anies Baswedan, tokoh dari luar PAN yang juga muncul adalah Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo dan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil (RK).

“Dari Jawa Barat dan dari Sumatera muncul nama Kang Emil. Nama Mas Ganjar muncul juga di Indonesia Timur, di Jawa Timur muncul,” ucapnya.

“Tinggal kita lihat nanti komposisinya. Nanti kan direkap semua dan disesuaikan oleh DPP apakah sesuai dengan kriteria yang kita berikan kepada struktur,” sambungnya.

Bima Arya mengatakan ada beberapa nama bakal capres dari internal partai PAN. Salah satunya adalah Ketum mereka yakni Zulkifli Hasan atau Zulhas.

“Ada beberapa (nama lain). Temen-temen bisa liat saja, selain Bang Zul ada beberapa nama yang diminta oleh internal. Bisa dipantau lah dari DPD gitu,” kata Bima Arya.

Diberitakan sebelumnya, PAN masih menggodok sosok yang akan diusung sebagai calon presiden (capres) 2024. Waketum PAN Yandri Susanto menyebut Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan (Zulhas) menjadi sosok yang mendapat dukungan dari internal PAN untuk menjadi capres.

“Sejauh ini, Bang Zul yang selalu menjadi pilihan dari internal di 500 lebih kabupaten dan kota,” kata Yandri di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa (28/6/2022).

Yandri mengatakan ada juga usulan capres dari tokoh di luar PAN. Dia mengatakan tokoh-tokoh yang mencuat sebagai capres dari luar PAN, antara lain Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, dan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil.

Ada juga nama Menteri BUMN Erick Thohir serta Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa yang masuk bursa bakal capres 2024.

“Kalau di luar internal ada Ganjar, Anies, Erick, dan semisal di DKI Jakarta ada Anies, di Jatim Ada Khofifah. Di Jawa Barat Ridwan Kamil yang paling diminati. Nah ini yang mesti kita ramu nanti kan nggak mungkin kita usung semua akan tutup pasti satu capres, satu cawapres,” kata Yandri.

Dia mengatakan sosok capres 2024 masih dibahas di tingkat DPD. Yandri mengatakan penentuan nama bakal capres akan menjadi agenda utama di Rakernas PAN pada Agustus nanti.***

Tinggalkan Balasan