Kamis, 24 Oktober 2024

Dibacakan Usai Pelantikan Presiden, Mahfud Pesimis PTUN Bakal Kabulkan Tuntutan PDIP

Ikuti Riaunews.com di Google Berita
 
Mantan Menko Polhukam Mahfud MD. (Foto: Antara)

Jakarta (Riaunews.com) – Mantan Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam), Mahfud MD, mengaku pesimis Pengadilan Tata Usaha Negara (PTUN) bakal mengabulkan gugatan PDIP soal penetapan Gibran Rakabuming Raka sebagai calon wakil presiden (cawapres) 2024-2029 oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU).

Pasalnya, kata Mahfud, sejatinya PTUN tidak bisa memutuskan sejumlah hal mulai dari hasil pemilu hingga terkait kebijakan TNI.

“Agak pesimis sih saya (bakal dikabulkan) bahwa kita percaya pada hukum di pengadilan sekarang ini pesimis. Mau mengabulkan seperti itu.”

“Kecuali MK (Mahkamah Konstitusi) lah yang terakhir berani lagi gitu,” kata Mahfud dalam podcast di kanal YouTube Abraham Samad Speak, dikutip Tribunnews pada Sabtu (12/10/2024).

“Kalau PTUN memutuskan itu kan, iya bisa, meskipun sebenarnya PTUN itu pada dasarnya tidak boleh memutus beberapa hal. Makanya, saya katakan pesimis.”

“Satu tentang hasil pemilu itu tidak bisa. Putusan pengadilan, tidak bisa. Tentang kebijakan TNI Indonesia. Keputusan TNI (tidak bisa),” kata Mahfud.

Sebelumnya diberitakan PTUN menunda pembacaan putusan gugatan PDIP soal penetapan Gibran.

Putusan itu awalnya dijadwalkan dibacakan pada Kamis (10/10/2024), namun, ditunda sampai Kamis (24/10/2024) mendatang.

“Putusan ditunda sampai dengan tanggal 24 Oktober,” kata anggota tim hukum PDIP, Gayus Lumbuun, kepada Kompas.com, Kamis (10/10/2024).

Alasan penundaan itu karena ketua majelis hakim yang memeriksa dan mengadili perkara tersebut sedang sakit.

“Disebabkan ketua majelis sakit,” ucap Gayus Lumbuun.***

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *