Rabu, 1 Februari 2023

Dikabarkan Geledah Rumah Ketua DPRD DKI Prasetyo Edi, KPK Membantah

Ketua DPRD DKI Jakarta Prasetyo Edi.

Jakarta (Riaunews.com) – Kepala Bagian Pemberitaan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Ali Fikri menyatakan tidak ada penggeledahan di rumah Ketua DPRD DKI Jakarta Prasetyo Edi Marsudi.

“Sejauh ini tidak ada info tersebut, ya,” kata dia dalam pesan teksnya, Jumat (20/1/2023).

Sebelumnya, beredar kabar di pesan WhatsApp bahwa penyidik KPK menggeledah kediaman Prasetyo Edi. Belum lama ini KPK memang tengah menyidik kembali dugaan korupsi pengadaan tanah di Pulogebang, Jakarta Timur. Penyidikan perkara tersebut dimulai sejak 2022.

Penyidik komisi antirasuah itu telah menggeledah Gedung DPRD DKI pada Selasa (17/1). Beberapa ruang anggota dewan diperiksa, salah satunya ruang kerja Prasetyo Edi di lantai 10.

Kemudian ruang kerja di lantai 8, 4, dan 2. Selain itu, ruang staf Komisi C juga turut digeledah.

KPK, menurut Ali, memperoleh fakta baru sehubungan dengan kasus korupsi tanah di Munjul, Kecamatan Cipayung, Jakarta Timur yang dilakukan Perusahaan Umum Daerah (Perumda) Pembangunan Sarana Jaya.

“Ditemukan fakta-fakta pada saat penanganan perkara tersebut,” kata dia dalam pesan teksnya kepada Tempo, Selasa malam, 17 Januari 2023.

Sumber Tempo mengatakan KPK tengah melakukan perkembangan kasus korupsi pembelian tanah di Munjul. Dari perkembangan ini didapati dugaan objek korupsi baru, yaitu pengadaan tanah di Pulogebang oleh Sarana Jaya.

Penggeledahan Gedung DPRD DKI, sumber KPK itu melanjutkan, adalah bagian dari perkembangan kasus tersebut. “Tersangkanya sama dengan perkara Munjul,” ujar sumber itu.***

Tinggalkan Balasan