Kamis, 22 Februari 2024

Diprediksi Bakal Jadi ‘Gembel’ Setelah Tak Lagi Jadi Gubernur oleh Ade Armando, Anies Baswedan Malah Makin Moncer

Ikuti Riaunews.com di Google Berita
 
Anies Baswedan mendapat sambutan luar biasa dari masyarakat Aceh. (Foto: Okezone)

Jakarta (Riaunews.com) – Dosen Universitas Indonesia Ade Armando meminta agar Ganjar Pranowo segera dideklarasikan karena menganggap Anies Baswedan terus mengalami kenaikkan elektabilitas. Loyalis Ganjar itu bahkan berani menyebut Anies Baswedan bakal menang jika tak dilakukan deklarasi segera mungkin.

Mengenai kekhawatiran Ade Armando ini, Pakar Hukum Tata Negara dan Pengamat Politik Refly Harun turut berkomentar. Refly menyinggung anggapan sebelumnya yang menyebut bahwa Anies bakal tenggelam seiring tak menjabat lagi, dan ternayata itu tidak terbukti.

”Awalnya dianggap panggung bagi mereka dan orang berpikir Anies akan jadi gembel setelah tidak jadi Gubernur tetapi ternyata ada berkah tersembnyi, justru ketika tidak jadi gubernur DKI lagi dia bisa berkamapnye secara masif tanpa haruis dipersoalkan menggunakan fasilitas publik,” ujar Refly melalui kanal Youtube miliknya, dikutip Jumat (9/12/2022).

Dikutip dari laman Warta Ekonomi, terkait apa yang disampaikan Ade bahwa Ganjar harus segera dideklarasikan, Refly punya pandangan beda.

Menurut Refly, Anies terus meningkat elektabilitasnya bukan karena deklarasi tetapi karena kini sudah bebas mengenalkan dirinya kepada masyarakat mengingat sudah tak lagi menjabat apapun.

”Ganjar tidak bisa begitu walaupun dia sudah dideklarasikan oleh PDIP, toh faktanya dia sudah didekalrasikan oleh PSI tapi nggak ngefek kata anak muda,” ujar Refly.

Menurut Refly, Anies bisa terus moncer elektabilitasnya karena sudah tak lagi menjabat sehingga bisa leluasa mempertahankan bahkan meningkatkan elektabilitasnya.

Ganjar saat ini tak bisa karena memang masih punya jabatan yang tak bisa melakukan hal seperti Anies.

”Persoalannya adalah Ganjar Pranowo dan Prabowo Subianto tidak bisa melakukan kampanye karena mereka masih terikat dengan pemerintahan,” ungkap Refly.

Karenanya menurut Refly, cara terbaik agar Ganjar bisa menjauhkan elektabilitasnya dari kejaran Anies adalah dengan mengundurkan diri dari posisi pejabat publik dan fokus untuk mengenalkan diri ke masyarakat sebagaimana Anies lakukan.

”Cara yang terbaik adalah mengundurkan diri dan berkonsentrasi untuk menjadi calon presiden, itu baru bisa,” jelasnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *