Jumat, 25 Oktober 2024

Gelar Doktor Kehormatan Raffi Ahmad dari Kampus Aba-abal?

Ikuti Riaunews.com di Google Berita
 
Raffi Ahmad dan keluarga berpose usai menerima gelar Honoris Causa. (Foto: Instagram)

Jakarta (Riaunews.com) – Artis yang juga pengusaha Raffi Ahmad belum beberapa ini mengumumkan bahwa dirinya mendapatkan gelar doktor kehormatan alias Doktor Honoris Causa dari Universal Institute of Professional Management (UIPM) di Thailand. Gelar tersebut setara dengan pendidikan S3.

Gelar yang didapatkan merupakan gelar kehormatan di bidang Event Management and Global Digital Development. Pemberian gelar ini langsung diserahkan oleh Professor Kanosak Likitpriwan, Presiden UIPM Thailand.

“Menerima gelar kehormatan di bidang “Event Management and Global Digital Development” atas kontribusi saya selama puluhan tahun dalam pengembangan industri hiburan konvensional, offline, serta digital di Indonesia.”

“Penghargaan ini saya dedikasikan untuk Allah SWT serta orang-orang yang telah berjasa dalam kehidupan saya : keluarga, mentor, sehabat, rekan, tim, serta semua orang yang telah membimbing serta menginspirasi saya sampai saat ini. Penghargaan ini sejatinya juga milik kalian semua,” tulis Raffi di Instagram terkait penerimaan gelar itu, Sabtu (28/9/2024).

Momen ketika Raffi Ahmad mengunggah perolehan gelar Doktor Honoris Causa tersebut tidak hanya menuai pujian tetapi juga menimbulkan banyak tanda tanya publik. Hal ini memicu keraguan tentang kredibilitas institusi yang memberinya gelar.

Publik mempertanyakan keabsahan kampus tersebut karena tidak masuk dalam peringkat universitas terkemuka seperti QS, Financial Times, THE, dan Webometrics.

Apakah kampus yang memberi gelar pada Raffi Ahmad abal-abal?

Beberapa pihak menilai bahwa UIPM mungkin tidak memiliki standar akademik yang dapat dikatakan cukup jelas, yang membuat validitas pada kampus tersebut menjadi keraguan dan isu di kalangan warganet. Adanya kebingungan mengenai jurusan hingga latar belakang kampus tersebut. Namun, Raffi Ahmad dengan antusiasnya yang tinggi memberikan janji kepada masyarakat untuk tetap berkontribusi bagi industri hiburan dan masyarakat.

Salah satu warganet yang tinggal di Bangkok merasa penasaran dengan kampus yang memberikan gelar kepada Raffi Ahmad. Ia pun memutuskan untuk menelusuri keberadaan UIPM di Thailand. Setelah tiba di lokasi dan bertanya kepada resepsionis terkait alamat kampus tersebut, ia terkejut karena ternyata tempat itu bukanlah sebuah kampus.

Tak hanya di Thailand, warganet yang tinggal di Amerika Serikat juga melakukan penelusuran, namun hasilnya nihil. Alamat yang diberikan tidak menunjukkan lokasi kampus, melainkan area hunian warga.

UIPM merupakan institusi internasional yang memiliki sistem belajar online dan berbasis di Thailand. Tak hanya di Thailand, UIPM juga memiliki kampus di Amerika Serikat, Rusia. dan Indonesia yang berada di Kota Bekasi.***

 

Sumber: Medcom

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *