Kamis, 24 Oktober 2024

Gerindra: Nasib Keppres Pemindahan Ibu Kota di Tangan Prabowo

Ikuti Riaunews.com di Google Berita
 
Istana Negara di IKN Nusantara sempat digunakan pada upacara bendera HUT RI 17 Agustus 2024.

Jakarta (Riaunews.com) – Nasib keputusan presiden (keppres) yang mengatur pemindahan ibu kota negara dari Jakarta ke Kalimantan Timur berada di tangan Prabowo Subianto.

Ketua Harian Partai Gerindra, Sufmi Dasco Ahmad, mengatakan Prabowo bakal meneken keppres pemindahan ibu kota ke IKN setelah dilantik sebagai presiden.

Saat ini, Prabowo masih mengkaji keppres tersebut. “Masih dikaji untuk (ditandatangani di) waktu yang tepat,” kata Dasco di kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta Pusat, Senin (7/10/2024).

Status IKN sebagai ibu kota negara baru akan efektif setelah keppres terbit. Senyampang mengkaji keppres tentang ibu kota negara, Prabowo sedang menyusun keputusan presiden mengenai struktur kementerian baru untuk kabinetnya.

“Pak Prabowo masih sibuk menyusun, mengkaji keppres kementerian-kementerian yang sebentar lagi akan diumumkan dan (menteri-menterinya) dilantik,” tutur Dasco.

Presiden Joko Widodo mengakui keppres mengenai pemindahan ibu kota belum rampung.

Presiden yang sebentar lagi lengser itu belum juga menandatangani keppres pemindahan ibu kota karena menunggu IKN siap menjadi ibu kota baru. Para menteri masih mengebut pembangunan infrastruktur dasar di IKN.

“Mestinya (diteken) presiden yang baru, yakni Pak Prabowo,” kata Jokowi di IKN, Ahad (6/10/2024).

Jokowi mengklaim pemindahan ibu kota negara bukan semata urusan fisik. Menurut dia, perlu persiapan untuk membangun ekosistem di wilayah IKN.

“Ekosistem itu harus jadi,” kata bekas Gubernur Jakarta itu.***

 

Sumber: Tempo

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *