Rabu, 17 Juli 2024

Goenawan Mohammad Pertanyakan Netralitas TNI AD Karena Sejumlah Perwira Bertemu Gibran, Langsung Dijawab

Ikuti Riaunews.com di Google Berita
 
Postingan Goenawan Mohamad di X yang mempertanyakan netralitas TNI karena bertemu dengan Gibran.

Jakarta (Riaunews.com) – Saat ini viral video dan foto di media sosial tentang sejumlah perwira TNI AD mendatangi cawapres Gibran Rakabuming Raka.

Salah satu yang mengunggahnya adalah sastrawan yang juga dikenal sebagai jurnalis senior, Goenawan Mohamad.

Melalui akun media sosial X Goenawan Mohamad mempertanyakan netralitas TNI pada Pemilu dan Pilpres 2024 mendatang.

“Perwira2 AD ini datang ke Solo menghadap Gibran, calon wapres yg sedang disiapkan utk menang. Netralitas TNI??,” cuit Goenawan Mohamad lewat akun @gm_gm, yang dipantau Riaunews.com, Ahad (12/11/2023).

Pengikut Goenawan Mohamad yang mencapai 1,3 juta lebih di akun X, juga langsung meresponnya.

Menanggapi itu, akun X milik TNI AD akhirnya memberi klarifikasi.

Dijelaskan bahwa foto itu diambil saat kegiatan On The Job Training (OJT) Wilayah Pertahanan ( Wilhan) Perwira siswa Dikreg LXIII Seskoad tanggal 4 hingga 8 September.

“Yth. Bapak Goenawan Mohamad, dengan segala kerendahan hati, Dinas Penerangan Angkatan Darat perlu mengklarifikasi. Bahwa foto ini diambil dalam kegiatan On The Job Training (OJT) Wilayah Pertahanan ( Wilhan) Perwira siswa Dikreg LXIII Seskoad yang dilakukan dari tanggal 4-8 September 2023 dengan sasaran 10 Kodim di wilayah Kodam IV/Diponegoro. Termasuk didalamnya Kodim 0726/ Sukoharjo dan Kodim 0735/Surakarta” tulis keterangan akun X milik TNI AD.

Dilanjutkan bahwa foto itu diambil dalam rangkaian kegiatan kunjungan TNI AD ke beberapa instansi, seperti Pemkot Sukoharjo, Sritex, Konimex, dan Pemkot Solo. Sehingga foto itu tidak ada kaitannya dengan Pilpres 2024.

“Kehadiran walikota Solo dalam foto itu tidak ada kaitannya dengan status sebagai Capres/ Cawapres , karena foto itu diambil tanggal 7 September 2023 sebelum Walikota Solo diajukan dan mendaftarkan diri ke KPU sebagai Cawapres” katanya.

“TNI AD akan selalu memegang teguh komitmen netralitas TNI sesuai apa yang diamanatkan dalam UU No. 34 tahun 2004, Pasal 39. Dan UU No 7 tahun 2017, tentang Pemilu,” pungkas TNI AD.***

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *