Minggu, 26 Juni 2022

Hasil BAC 2022: Ginting dan Jojo Melaju ke Perempat Final

Anthony Sinisuka Ginting. (Foto: Okezone)

Muntinlupa (Riaunews.com) – Anthony Sinisuka Ginting lolos ke perempat final Badminton Asia Championship (BAC) 2022 usai mengalahkan tunggal putra Jepang Kenta Nishimoto, Kamis (28/4/2022) di Muntinlupa Sports Complex, Filipina.

Ginting mengawali gim pertama dengan sangat meyakinkan. Keunggulan 11-8 di pertengahan laga berlanjut hingga berhasil mengunci keunggulan dengan skor 21-14.

Akan tetapi, Ginting terpeleset di gim kedua. Nishimoto berhasil bangkit dan berbalik unggul dengan skor telak, 21-13 atas Ginting.

Pertandingan terpaksa ditentukan lewat rubber game yang berlangsung sengit. Namun, Ginting mampu mengatasi keadaan dan mengunci keunggulan 11-9 di pertengahan duel.

Ginting yang berstatus unggulan kedua berhasil menambah lima poin beruntun untuk mencatat keunggulan 16-9. Nishimoto sempat menambah beberapa poin namun Ginting tampil lebih impresif dan sukses menuntaskan gim ketiga dengan skor 21-13.

Dengan demikian, Ginting berhasil mengikuti jejak manis Jonatan Christie yang lebih dulu memastikan tempat ke perempat final usai menaklukkan tunggal Malasyia, Liew Daren.

Jojo Melaju Usai Tumbangkan Wakil Malaysia

Jonatan Christie.

Sementara itu Jonatan Christie juga berhasil melanjutkan langkah ke perempatfinal usai mengalahkan Darren Liew dalam laga babak 16 besar Badminton Asia Championship (BAC) 2022 di Muntinlupa Sports Complex, Kamis (28/4/2022).

Jonatan menghadapi perlawanan alot Liew pada babak kedua BAC 2022. Jonatan hampir selalu unggul dalam setiap pengumpulan poin.

Sempat tertingal 4-5, Jonatan kembali mengambil alih posisi pemimpin skor. Selepas kedudukan 6-6, Jonatan mulai bisa membuat jarak dengan wakil Malaysia peringkat 35 dunia.

Pria yang akrab disapa Jojo ini unggul 11-8 pada interval gim pertama. Jarak menjauh menjadi 13-8. Namun Liew tetap berusaha mengejar poin Jonatan. Selisih empat poin hingga tiga poin terjadi sampai keddukan 16-13 untuk Jonatan.

Setelah itu Jonatan bisa mengemas poin dan menuju jalur kemenangan sebelum menutup gim pertama dengan skor 21-14.

Usai gim pertama yang cukup menguras tenaga, Jonatan kemudian mengawali gim kedua dengan baik. Pebulutangkis jebolan PB Djarum itu mengemas keunggulan jauh hingga 7-1 dan kemudian berubah menjadi 10-2.

Langkah mulus Jonatan tak bertahan. Liew bangkit dan mengejar. Jonatan tertinggal 10-11 pada interval gim kedua. Jonatan hanya bisa menambah dua poin pada paruh kedua gim kedua.

Setelah kekalahan 13-21 pada gim kedua, permainan Jonatan tampak belum kembali pada kondisi prima. Ada kesalahan-kesalahan yang dihasilkan Jonatan sehingga menguntungkan lawan.

Jonatan perlahan memperbaiki penampilan dan menata permainan. Dari tertinggal 4-8, Jonatan bisa memimpin 10-9. Setelah interval pada kedudukan 10-11, pertandingan kembali berjalan menarik. Jonatan dan Liew saling berusaha menampilkan performa terbaik.

Jojo yang nyaris selalu tertinggal kemudian mengamankan empat poin beruntun dan memimpin 19-17. Situasi tegang terjadi hingga akhirnya Jonatan menang 21-19 setelah kok yang dikembalikan Liew membentur net. Jonatan melaju ke perempat final BAC 2022.***

Tinggalkan Balasan