Minggu, 14 April 2024

Hasto Serius Ajak Demokrat Usung Ganjar

Ikuti Riaunews.com di Google Berita
 
Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto.

Jakarta (Riaunews.com) – Sekretaris Jenderal PDIP Hasto Kristiyanto mengajak Partai Demokrat bekerja sama mengusung Ganjar Pranowo di Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024.

Pernyataan Hasto muncul merespons pertanyaan mengenai keseriusan PDIP dalam mengajak Demokrat.

“Kami dengan kerendahan hati menawarkan [Demokrat] suatu kerja sama,” kata Hasto di Kantor DPP PDIP, Jumat (9/6/2023).

Hasto kemudian berpendapat bahwa Ganjar diterima masyarakat. Elektabilitas calon presiden (capres) usungan PDIP ini, lanjut dia, melonjak meski baru dua bulan dideklarasikan.

Di kesempatan itu, Hasto membandingkan elektabilitas Ganjar dengan bakal calon presiden (bacapres) lain. Namun, dia tak menyebut secara rinci nama pesaing Ganjar.

“Baru dalam waktu 50 hari sekitar itu diumumkan, langsung elektoralnya melejit. Dibandingkan yang sudah sembilan bulan, tujuh bulan [diumumkan],” ucap dia.

Sejauh ini, ada tiga bakal calon presiden yang menyatakan ikut kontestasi politik tahun depan. Mereka di antaranya Menteri Pertahanan RI saat ini sekaligus Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto. Ia mengumumkan kembali maju ke Pilpres 2024 pada Agustus 2022 lalu.

Selanjutnya ada Anies Baswedan yang dideklarasikan Partai NasDem pada November 2022.

Di kesempatan itu, Hasto menilai keputusan Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri untuk menunjuk Ganjar sangatlah tepat.

PDIP mengusung Ganjar menjadi bacapres partai tersebut pada April lalu. Sejauh ini, ia telah mengantongi dukungan dari empat partai politik.

Partai itu di antaranya PDIP dan PPP selaku partai parlemen, serta Partai Hanura dan Perindo yang merupakan partai non-parlemen.

Sinyal PDIP mengajak kerja sama Demokrat sebetulnya pernah mencuat. Ketika itu, Ketua DPP PDIP Puan Maharani mengungkapkan beberapa nama tokoh yang masuk radar cawapres Ganjar.

Nama-nama tersebut adalah Mahfud MD, Erick Thohir, Sandiaga Uno, hingga Agus Harimurti Yudhoyono selaku Ketua Umum Partai Demokrat.

Kendati demikian, Puan mengaku PDIP masih mempertimbangkan sosok paling tepat yang bisa mendampingi Ganjar.***

 

Sumber: CNN Indonesia

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *