Rabu, 17 Juli 2024

Israel Tembak Mati 3 Warganya Sendiri yang Menjadi Tawanan Hamas

Ikuti Riaunews.com di Google Berita
 
Tentara Israel tembak mati warganya sendiri yang selama ini disandera Hamas. (Foto: Reuters)

Tel Aviv (Riaunews.com) – Tentara Israel menembak dan membunuh tiga warganya yang disandera Hamas pada hari Jumat (15/12/2023).

Dilansir Al Arabiya News, Israel menyebut ada kekeliruan dalam mengidentifikasi sehina menganggap 3 sandera itu sebagai ancaman.

“Selama pertempuran di Shejaiya, tentara Israel secara keliru mengidentifikasi tiga sandera Israel sebagai ancaman. Akibatnya, tentara menembak ke arah mereka dan mereka terbunuh,” kata tentara dalam sebuah pernyataan.

“Tentara Israel segera meninjau insiden tersebut… Pelajaran agar tak terulang langsung dari peristiwa tersebut telah diambil, yang kemudian diteruskan ke seluruh pasukan tentara Israel di lapangan,” tambahnya.

Mereka juga menyampaikan “penyesalan mendalam atas insiden tragis tersebut.”

Tentara mengidentifikasi dua sandera sebagai Yotam Haim, yang diculik Hamas dari Kibbutz Kfar Aza selama serangan Hamas pada 7 Oktober, dan Samer El-Talalqa, yang diculik dari Kibbutz Nir Am.

Sedangkan koban ketiga tak disebut, Israel menyembunyikan nama sandera ketiga atas permintaan keluarga.

“Ini adalah tragedi yang tak tertahankan,” kata Perdana Menteri (PM) Benjamin Netanyahu dalam sebuah pernyataan.

“Seluruh Negara Israel berduka malam ini. Hati saya tertuju pada keluarga yang berduka di saat-saat sulit ini,” tambahnya.

Juru bicara Angkatan Darat Israel Daniel Hagari mengatakan bahwa militer memikul tanggung jawab atas semua yang terjadi.***

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *