Kamis, 24 Oktober 2024

Jelang Hadapi Bahrain dan China, PSSI Kebut Naturalisasi Mees Hilgers dan Eliano Reijnders

Ikuti Riaunews.com di Google Berita
 
Eliano Reijnders (kiri) dan Mees Hilgers segera akan mendapat kewarganegaraan RI jelang laga Timnas Indonesia hadapi Bahrain. (Foto: Transfermarkt)

Jakarta (Riaunews.com) – PSSI mengebut proses naturalisasi Mees Hilgers dan Eliano Reijnders demi bisa bermain melawan Bahrain dan China di putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia.

“Pak Presiden [Jokowi] sudah tanda tangan [Keppres] Mees Hilgers dan Eliano Reijnders. Jadi tinggal angkat sumpah di Den Haag. Jadi ada waktu satu minggu yang coba dikejar, mudah-mudahan kalau Mees Hilgers dan Eliano bisa, untuk lawan Bahrain dan China kita punya kekuatan tambahan,” kata Erick di Jakarta, Sabtu (21/9).

Sejauh ini belum ada tanggal pasti tentang jadwal sumpah Mees Hilgers dan Eliano Reijnders. Namun keduanya dipastikan bakal menjalani proses itu di KBRI yang berlokasi di Den Haag, Belanda.

Setelah menjalani sumpah dan mendapatkan dokumen sah sebagai WNI berupa paspor dan KTP, maka Mees Hilgers dan Eliano Reijnders bakal melalui tahap akhir yakni perpindahan asosiasi sepak bola dari Belanda (KNVB) ke Indonesia (PSSI). Ini dilakukan agar yang bersangkutan bisa berseragam Timnas Indonesia di laga resmi.

Selain mengebut proses naturalisasi dua pemain, secara paralel PSSI juga fokus dalam persiapan menuju pertandingan kontra Bahrain pada 10 Oktober dan China pada 15 Oktober. Mengingat keduanya laga tandang, maka PSSI sedang memaksimalkan teknis perjalanan rombongan tim ke dua negara tersebut.

“Kami berupaya agar pemain tidak cedera dan kelelahan. Untuk penerbangan dari Indonesia ke Bahrain itu pakai pesawat komersial, baru dari Bahrain ke China menyewa pesawat karena waktunya sempit. Dari China ke Indonesia, baru bisa pesawat komersial lagi,” ujar Erick.

Erick berharap hasil positif dipetik oleh tim besutan Shin Tae Yong dalam dua laga nanti. Sebab skuad Garuda sudah punya modal positif dari dua laga sebelumnya dengan torehan dua poin dari hasil imbang secara beruntun.

Saat ini Timnas Indonesia berada di peringkat keempat atau strip terakhir untuk melaju ke putaran keempat kualifikasi. Masih ada delapan pertandingan yang harus dijalani Maarten Paes dan kawan-kawan.

“Kami tidak ingin meremehkan Bahrain dan China. Tapi kami berharap bisa menambah tiga poin dari salah satu laga itu, atau kalau bisa [tiga poin] masing-masing dari dua pertandingannya,” kata dia.***

 

 

Sumber: CNN Indonesia

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *