Sabtu, 1 Oktober 2022

Jokowi Diapresiasi Zelensky karena Merupakan Pemimpin Asia Pertama Kunjungi Kyiv Usai Invasi Rusia

Zelensky menilai Jokowi merupakan pemimpin Asia pertama yang mengunjungi Kyiv sejak perang. Serta kunjungan pertama Presiden Indonesia ke Ukraina dalam sejarah hubungan diplomatik. (Foto: Laily Rachev – Biro Pers Sekretariat Presiden)

Kyiv (Riaunews.com) – Presiden Jokowi bertemu Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky, di Istana Maryinsky, Kyiv, Ukraina. Zelensky menyebut Jokowi merupakan pemimpin Asia pertama yang mengunjungi Kyiv sejak perang.

Hal ini disampaikan Zelensky dalam akun Instagram resmi miliknya, Rabu (29/6/2022). Zelensky mengatakan Ukraina menghargai dukungan rakyat Indonesia dan Jokowi selama perang yang dihadapi Ukraina.

“Ukraina sangat menghargai dukungan rakyat Indonesia dan dukungan personal Presiden Joko Widodo @jokowi selama perang untuk kebebasan dan kemerdekaan negara kami ini,” tulis Zelensky.

Zelensky mengatakan dirinya dan Jokowi membahas sejumlah hal. Salah satunya terkait propek rekosntruksi setelah perang.

“Selama pembicaraan, kami membahas pencabutan blokade Rusia terhadap pelabuhan Ukraina dan melanjutkan ekspor produk pertanian, serta prospek rekonstruksi pascaperang Ukraina,” tuturnya.

“Kami sepakat untuk meluncurkan rezim bebas visa antara negara kami,” sambungnya.

Zelensky lantas menyampaikan terima kasih kepada Jokowi. Ia menyebut Jokowi merupakan pemimpin negara Asia pertama yang mengunjungi Kyiv sejak perang antar Ukraina-Rusia terjadi.

“Terima kasih atas kunjungan pertama Presiden Indonesia ke Ukraina dalam sejarah hubungan diplomatik. Dan kunjungan pertama pemimpin negara Asia ke Kyiv sejak awal perang Rusia skala penuh,” imbuhnya.***

Tinggalkan Balasan