Jubir Bantah Prabowo Pimpin Upaya Normalisasi Hubungan Indonesia-Israel

Jubir Menteri Pertahanan, Dahnil Anzar Simanjuntak.

Jakarta (Riaunews.com) – Jubir Menteri Pertahanan, Dahnil Anzar Simanjuntak membantah isu yang menyebut Prabowo Subianto memimpin upaya normalisasi hubungan Indonesia-Israel sebagaimana yang ditulis The Jerusalem Post.

“Pak Menhan tidak pernah ikut membahas masalah normalisasi dengan Israel baik secara formal maupun informal,” ujar Dahnil.

Dahnil menyatakan, Prabowo sejalan dengan kebijakan Pemerintah Indonesia yaitu tidak membuka hubungan dengan Israel. RI tak menjalin hubungan resmi karena mendukung kemerdekaan Palestina atas Israel.

Baca Juga:

“Sikap beliau sejalan dengan sikap negara dan konstitusi kita mendukung kemerdekaan semua bangsa, dalam hal ini kemerdekaan Palestina dan mendukung penyelesaian two state solution seperti yang sudah disampaikan secara terbuka pada forum Manama, di Bahrain,” kata Dahnil.

Dahnil juga memastikan, laporan The Jerusalem Post soal pertemuan Sudaryono B. Eng dengan pejabat Israel tak benar.

“Tidak ada Pak Prabowo mengutus staf bahas masalah normalisasi,” tegas Dahnil.

Media Israel The Jerusalem Post memberitakan soal Menhan Prabowo Subianto memegang peranan penting dalam normalisasi hubungan Israel-Indonesia.

Dalam artikel berjudul How agriculture led Indonesia’s defense minister to talk normalization with Israel, yang terbit pada 11 Januari 2022, The Jerusalem Post menyebut hubungan agrikultur menjadi pusat dari semakin hangat hubungan kedua negara.

Bahkan menurut The Jerusalem Post, Menhan Prabowo memimpin langsung upaya kerja sama pertanian antara Indonesia-Israel. Prabowo dan dunia pertanian memang cukup dekat. Prabowo pernah menjadi ketua umum HKTI dan saat ini ditugaskan Presiden Jokowi membangun lumbung pangan (food estate).

Dalam laporan media tersebut, sepanjang 2021 terjadi pertemuan antara pejabat tinggi Israel dan Indonesia yang dilakukan secara rahasia.

Termasuk salah satunya pertemuan Prabowo dengan Penasihat Keamanan Nasional Israel, Eyal Hulata, di Manama Bahrain November 2021. Prabowo juga dilaporkan bertemu Kuasa Usaha Israel di Bahrain, Itay Tagner.

Prabowo berada di Bahrain untuk ikut serta pada Forum Dialog The 17th International Institute for Strategic Studies (IISS). Jubir Prabowo, Dahnil Anzar Simanjuntak, menegaskan momen pertemuan Prabowo dan pejabat Israel tak direncanakan dan mereka cuma berpapasan.

The Jerusalem Post sendiri menulis, Prabowo berpandangan Israel adalah kunci kerja sama yang lebih erat dengan Amerika Serikat. Pernyataan Prabowo itu didapat Jerusalem Post dari sumber anonim.

Tinggalkan Balasan

Next Post

Gibran Rakabuming Santai Dilaporkan ke KPK: Diamkan Saja, Nanti Bosan

Jum Jan 14 , 2022
241 Jakarta (Riaunews.com) – Wali Kota Surakarta Gibran Rakabuming Raka, memastikan tidak akan melaporkan balik dosen Universitas Negeri Jakarta (UNJ) […]
Gibran Rakabuming Raka
%d blogger menyukai ini: