Minggu, 3 Juli 2022

Jubir PSI Diduga Sebar Hoaks, Sebut Anies Bagi Baju Capres pada Pemudik Padahal Isinya…

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan membagikan paket masker dan APD lainnya pada pemudik. (Foto: Twitter)

Jakarta (Riaunews.com) – Anggota Tim Gubernur untuk Percepatan Pembangunan (TGUPP) Naufal Firman Yursak menyebut Juru Bicara PSI, Sigit Widodo menyebarkan hoaks lewat cuitannya di Twitter.

Hoaks yang dimaksud berupa tautan video dan menambah narasi Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan membagikan baju ke peseta mudik gratis bertuliskan ‘Anies Baswedan Presiden Indonesia’.

“Centang biru penyebar hoaks begini enaknya diapain? Dia enggak hadir di lokasi, dia enggak lihat apa yang dibagi, bisa-bisanya bilang kaos,” ujar Naufal lewat akun Twitternya @firmanyursak membalas cuitan Sigit, Kamis (28/4/2022).

Naufal lantas meluruskan video tersebut. Menurut dia, dalam video tersebut Anies tengah membagikan perangkat protokol kesehatan seperti masker dan hand sanitizer.

Ia pun menandai akun pemilik anyar Twitter, Elon Musk agar mencabut centang biru milik Sigit.

Diketahui, centang biru di Twitter menunjukkan bahwa akun tersebut sudah terverifikasi. Biasanya, pemilik akun centang biru adalah publik figur, brand, atau entitas yang terdaftar asli.

“Mas @elonmusk perlu cabut centang biru penyebar hoaks begini,” ujar Naufal.

Isi paket kesehatan yang dibagikan Pemprov DKI Jakarta pada para pemudik. (foto: Twitter)

 

Terpisah, Juru Bicara PSI, Sigit Widodo mengatakan bahwa dirinya tidak menyebarkan hoaks. Dia mengklaim bahwa video yang dimaksud sebenarnya sudah beredar luas.

“Kalaupun itu bukan kaos, di video jelas terlihat ada orang yang mengenakan kaos kampanye tersebut dan mendampingi Pak Anies membagi-bagikan bungkusan tersebut,” kata Sigit.

“Kalau Pak Anies tidak mendukung kegiatan pembagian kaos tersebut, tentu beliau tidak akan membiarkan ada orang yang mengenakan kaos itu mendampinginya di dalam bus,” tambahnya.

Foto dan berita peserta mudik gratis DKI Jakarta yang mengenakan kaus “Anies Baswedan Presiden” viral di media sosial.

Juru Bicara PSI, Sigit Widodo, lewat akun Twitternya @sigitwid, sempat mempertanyakan apakah baju gratis itu memang diberikan Pemprov DKI.

Dalam rangkaian cuitannya, Sigit juga mengunggah sebuah rekaman video Anies tengah membagikan paket bingkisan kepada pemudik di salah satu bus. Dalam narasinya, Sigit menyebut Anies tengah membagikan baju.***

Tinggalkan Balasan