Jumat, 9 Desember 2022

Jungkalkan Juara Dunia Secara Dramatis, Jonatan ke Semifinal BAC 2022

Jonatan Christie melanjutkan langkah ke semifinal BAC 2022 dengan menyingkirkan pebulutangkis Singapura. (Foto: PBSI)

Muntinlupa (Riaunews.com) – Jonatan Christie mengalahkan Loh Kean Yew secara dramatis dan memastikan tiket ke semifinal Badminton Asia Championship (BAC) 2022 di Muntinlupa Sports Complex, Filipina, Jumat (29/4/2022).

Jonatan telat panas pada babak perempat final BAC. Setelah tertinggal tiga poin, Jonatan kemudian meraih poin pertama. Pemain jebolan PB Djarum itu sempat menyamakan kedudukan pada skor 5-5.

Setelah itu Yew kembali bisa memimpin. Jonatan mencoba tampil tekun meladeni performa Yew yang tampil dengan akurasi pukulan bagus.

Jonatan selalu membayangi poin Yew, namun tak bisa melamapaui tunggal putra andalan Singapura tersebut.

Setelah interval gim pertama, Jonatan sempat menyamakan kedudukan lagi menjadi 12-12. Yew sempat menjauh dan berjarak tiga poin. Namun setelah itu Yew terlihat terburu-buru dan memberi keuntungan bagi Jonatan.

Andalan Indonesia yang merupakan pebulutangkis nomor delapan dunia itu kemudian berbalik unggul 19-15. Hanya membutuhkan dua poin untuk menuntaskan gim pertama, Jonatan malah tak bisa menambah poin.

Yew kemudian meraih empat poin beruntun dan menyamakan kedudukan menjadi 19-19. Jonatan unggul kembali pada kedudukan 20-19 sebelum menyudahi gim pertama dengan skor 22-20.

Yew membuka gim kedua dengan keunggulan yang direspons dengan baik oleh Jonatan. Jonatan berbalik unggul 6-4, namun situasi tersebut tak berlangsung lama.

Jonatan tetap tenang saat tertinggal 6-7 dan kembali membalikkan keadaan. Jonatan meraih lima poin beruntun dan memimpin 11-7 pada saat interval.

Setelah rehat, Yew meraih dua poin beruntun sehingga merapatkan jarak lagi dengan Jonatan. Sinyal kebangkitan Yew diredam Jonatan. Permainan rapi dari Jonatan membuat Yew tertinggal lima poin.

Lagi-lagi Jonatan tak bisa melanjutkan keunggulan. Yew bisa menghentikan rentetan poin Jonatan. Jonatan yang sempat unggul 14-9 kemudian disamakan 16-16.

Setelah skor imbang, Jonatan bisa kembali meraih poin. Yew yang sempat terlihat percaya diri kembali dibuat pontang-panting mengejar kok. Jonatan memimpin 19-16.

Yew tak membiarkan Jonatan melaju tanpa tekanan. Juara dunia 2021 itu berbalik memimpin, Jonatan tertinggal 19-20.

Jonatan menggagalkan game point Yew. Tak hanya sekali, namun dua kali Jonatan membatalkan kemenangan Yew sebelum berbalik unggul 22-21 dan kemudian memenangkan pertandingan dengan skor 23-21.

Di semifinal Jonatan akan berhadapan dengan Chico Aura Dwi Wardoyo.***

 

Baca Artikel Asli

Tinggalkan Balasan