Selasa, 3 Oktober 2023

Kalahkan Prancis 1-0, Tunisia Tetap Gagal ke 16 Besar

Meski menang lawan Prancis, Tunisia tetap gagal melangkah ke 16 besar piala Dunia 2022. (Foto: reuters)

Doha (Riaunews.com) – Prancis dipaksa menyerah 0-1 dari Tunisia pada matchday ketiga Grup D Piala Dunia 2022 di Stadion Education City, Al Rayyan, Qatar, Rabu (30/11).

Pelatih Prancis Didier Deschamps melakukan rotasi besar-besaran saat melawan Tunisia. Pasalnya, Les Bleus sudah memastikan tiket ke babak 16 besar sekaligus status juara grup.

Sementara Tunisia yang butuh kemenangan di laga ini mencoba tampil lebih spartan. Tim berjulukan Nusur Qartaj inipun lebih banyak menciptakan peluang di babak pertama.

Tunisia bahkan sempat menjebol gawang Prancis di menit kesembilan lewat sontekan Nader Ghandri menyambut umpan tendangan bebas. Sayang gol tersebut dianulir karena offside.

Pada menit ke-25, Prancis mencoba membalas lewat Kingsley Coman. Namun, tembakan kaki kiri Coman di kotak penalti masih jauh melenceng dari sasaran.

Pada menit ke-35, Tunisia kembali menebar ancaman melalui tembakan jarak jauh Wahbi Khazri. Bola meluncur deras namun masih bisa diblok penjaga gawang Prancis Steve Mandada.

Tujuh menit berselang, Khazri kembali membuat ancaman serius. Pemain plontos itu mampu menembus sisi kanan kotak penalti dan melepaskan umpan mendatar di mulut gawang. Sayangnya tak ada pemain Tunisia yang berhasil menyambut.

Tunisia juga menghasilkan peluang di masa injury time lewat tembakan jarak jauh Khazri. Amat disayangkan tendangannya masih melambung di atas mistar gawang. Skor imbang tanpa gol bertahan hingga jeda.

Empat menit usai kick off babak kedua, Khazri benar-benar menghukum pertahanan buruk Prancis. Bermula dari Aissa Laidouni yang sukses merebut bola dari lini tengah dan diteruskan kepada Khazri.

Pemain bernomor punggung 10 itu melakukan aksi individu ciamik untuk menembus kotak penalti Prancis sebelum menyarangkan bola ke pojok kiri gawang Mandanda.

Sesaat kemudian, Khazri ditarik keluar lapangan karena merasakan kesakitan usai mencetak gol.

Tertinggal satu gol, Deschamps menurunkan Adrien Rabbiot dan Kylian Mbappe pada menit ke-63 untuk meningkatkan intensitas serangan. Namun, Tunisia yang tampil penuh semangat sulit ditembus Prancis.

Ousmane Dembele yang masuk pada menit ke-79 menjadi warna tersendiri. Winger Barcelona itu mampu menciptakan dua on target yang memaksa kiper Tunisia Aymen Dahmen jatuh-bangun.

Dahmen kembali melakukan penyelamatan gemilang di menit ke-84. Tembakan jarak dekat Mbappe di kotak penalti berhasil diblok dengan baik.

Prancis memaksa Tunisia total bertahan hingga menit-menit akhir. Antoine Griezmann sempat cetak gol di masa injury time namun gol tersebut dianulir karena penyerang Atletico Madrid itu lebih dulu offside.

Hasil ini tak mengubah kedudukan Prancis sebagai juara Grup D dengan enam poin. Namun, Tunisia gagal lolos ke babak 16 besar karena Australia sukses mengalahkan Denmark 1-0.

Dengan demikian, Australia juga mengemas enam poin dan berhak mendampingi Prancis ke babak 16 besar Piala Dunia 2022.***

Tinggalkan Balasan