Jumat, 12 Juli 2024

Kenal Lebih Dekat dengan Syaugi Alaydrus, ‘Top Gun’ TNI AU yang Pimpin Timnas AMIN

Ikuti Riaunews.com di Google Berita
 
Marsekal Madya TNI (Purn) Muhammad Syaugi Alaydrus.

Jakarta (Riaunews.com) – Marsekal Madya TNI (Purn) Muhammad Syaugi Alaydrus resmi diumumkan sebagai Kapten Tim Nasional Pemenangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar (Timnas AMIN) untuk Pilpres 2024.

Pengumuman nama Syaugi disampaikan langsung oleh Anies Baswedan di Menteng, Jakarta Pusat, Selasa (14/11/2023).

Beliau adalah peraih Adhi Makayasa, pilot jet tempur F-16, pernah menjadi kepala Basarnas,” kata Anies.

“Ini top gun-nya kita di sini,” imbuh Anies.

Dirangkum CNNIndonesia.com dari berbagai sumber, Syaugi adalah peraih Adhi Makayasa sebagai lulusan terbaik Akademi Angkatan Udara (AAU) tahun 1984.

Pria yang lahir di Malang, Jawa Timur, pada 10 Desember 1960 ini pernah menempati posisi Komandan Lanud (Danlanud) Iswahjudi pada 2011.

Karier Syaugi kemudian mulai melesat pada 2014 ketika ia didapuk sebagai Direktur Jenderal Perencanaan Pertahanan di Kementerian Pertahanan dibawah pimpinan Jenderal TNI (Purn) Ryamizard Ryacudu.

Setelahnya, Syaugi menjabat Kepala Basarnas periode 2017-2019 sebelum akhirnya digantikan oleh Marsdya TNI Bagus Puruhito.

Setelah pensiun dari TNI AU, Syaugi pernah menduduki posisi Komisaris Utama PT MRT Jakarta (Perseroda) pada tahun 2019. Tiga tahun berselang, yakni pada 25 Oktober 2022 ia diberhentikan dengan hormat.

Saat ini, Anies-Muhaimin diusung Koalisi Perubahan yang terdiri dari NasDem, PKB, dan PKS. Pasangan ini secara resmi akan bertarung di Pilpres 2024 dengan Ganjar Pranowo-Mahfud MD dan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka.***

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *