Kamis, 18 Juli 2024

Komentar Jokowi soal Anies dan Ganjar Kompak Beri Nilai Jelek Kinerja Kemhan: Tanya Menteri Pertahanan!

Ikuti Riaunews.com di Google Berita
 
Presiden Joko Widodo bersalaman dengan Menteri Pertahanan yang juga calon presiden nomor urut 02 Prabowo Subianto.

Jakarta (Riaunews.com) – Presiden Joko Widodo (Jokowi) merespons penilaian angka 5 untuk kinerja Kementerian Pertahanan (Kemhan) era Menhan Prabowo Subianto. Apa kata Jokowi?

Soal penilaian ini ditanyakan ke Jokowi usai peresmian Jalan Tol Pamulang-Cinere-Raya Bogor di Gate Tol Limo Utama, Depok, Jawa Barat, Senin (8/1/2024). Jokowi enggan berkomentar dan melempar agar hal tersebut ditanyakan kepada Menhan Prabowo Subianto.

“Tanyakan ke Menteri Pertahanan,” kata Jokowi, sebagaimana dilansir Detikcom.

Penilaian untuk kerja Kemhan era Prabowo itu mencuat di Debat Pilpres Ketiga Minggu (7/1) malam. Mulanya Anies memberikan pertanyaan kepada capres nomor urut 3 Ganjar Pranowo. Anies bertanya skor kinerja Kemhan kepada Ganjar.

“Berapa skor yang Bapak berikan atas kinerja Kementerian Pertahanan yang dipimpin oleh Bapak Prabowo, silakan Pak Ganjar,” tanya Anies.

Ganjar menjawab lima. Dia mengaku memiliki data terkait kinerja Kemhan.

“Lima juga, saya punya datanya dan kemudian akan saya sampaikan. Di meja saya sudah saya siapkan satu per satu,” jawab Ganjar.

Setelah itu, Ganjar berbicara soal sistem pertahanan. Anies kemudian membandingkan tunjangan TNI-Polri era Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) dengan Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Anies mengatakan era SBY tunjangan TNI-Polri mengalami kenaikan sembilan kali. Namun jauh berbeda dengan era Jokowi, yang hanya naik tiga kali.

“Kesejahteraannya tidak dipikirkan dengan serius, tukin (tunjangan kinerja) hanya 80 persen. Lihat Kementerian Keuangan, lihat Kementerian PUPR, menteri-menterinya mengusahakan peningkatan tukin di mereka. Lalu kita lihat tadi alutsista yang bekas, yang itu risikonya keselamatan dari TNI kita. Mereka bekerja keras menjaga setiap jengkal tanah republik ini. Tetapi mereka tidak didukung dengan policy. Karena itu, menurut saya, skornya justru di bawah 5 Pak Ganjar, kalau 5 itu ketinggian,” ujar Anies.

Ganjar kemudian mempertegas lagi penilaian Anies. Ganjar minta Anies menyebut secara jelas angkanya.

“Mas Anies nggak usah takut, disebut aja angkanya berapa gitu loh, kayak saya gitu loh. Jangan di bawah 5, sebut aja berapa,” ucap Ganjar.

“11, Mas, dari 100,” kata Anies.***

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *