Sabtu, 28 Mei 2022

Kominfo Telusuri Foto Anies Berpakaian Adat Papua yang Disebar Ruhut, Diduga Hoaks

Gambar Anies Baswedan berpakaian adat Papua yang diunggah akun media sosial Ruhut Sitompul dan diduga hoaks.

Jakarta (Riaunews.com) – Kementerian Komunikasi dan Informasi (Kemkominfo) menelusuri foto Gubernur DKI Anies Baswedan menggunakan baju adat Papua yang beredar di media sosial.

Foto Anies menggunakan baju adat Dani, Papua beredar luas di dunia maya setelah pertama kali diunggah Politikus PDIP, Ruhut Sitompul, Kamis (11/5/2022). Beberapa netizen menduga foto Anies tersebut merupakan editan dan tergolong hoaks.

“Kementerian Kominfo saat ini sedang melakukan penelusuran terkait kebenaran foto tersebut. Kami akan melakukan tindak lanjut yang diperlukan sesuai ketentuan yang berlaku,” kata Dedy Permadi, Juru Bicara Kominfo kepada CNNIndonesia.com.

Dalam pengakuannya, Ruhut menampilkan meme Anies Baswedan yang menggunakan pakaian adat Suku Dani dengan maksud menyindir tingkah Anies yang kerap menggunakan pakaian adat daerah yang tengah dikunjungi. Menurutnya, hal itu dilakukan Anies demi dianggap orang Indonesia asli.

“Ha ha ha kata orang Betawi usahe ngeri X Sip deh.” demikian cuitan Ruhut pada unggahan meme tersebut.

“Jogja jadi orang Jogja. Datang ke Jawa Tengah, Banyuwangi atau apa jadi orang sana, biar dibilang orang Indonesia asli,” kata Ruhut.

Atas perbuatannya itu, Ruhut dilaporkan ke polisi dengan tuduhan pelanggaran UU ITE berkaitan dengan SARA. Ia dilaporkan Panglima Komandan Patriot Revolusi (Kopatrev) Petrodes Mega MS Keliduan atau Mega ke Polda Metro Jaya, pada Rabu (11/5/2022).

Ruhut Sitompul dianggap telah menimbulkan kebencian antar-suku, ras dan golongan karena postingannya itu.

“Kami meminta seluruh masyarakat untuk semakin bijak dalam menyikapi beragam konten di internet, serta mengoptimalkan pemanfaatan internet untuk keperluan yang produkti,” pinta Dedy menambahkan.

Sebelumnya politikus PDIP Ruhut Sitompul buka suara soal unggahan foto Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengenakan pakaian adat Papua.

Ia mengaku bermaksud menyindir tingkah Anies yang kerap menggunakan pakaian adat daerah yang tengah dikunjungi. Menurutnya, hal itu dilakukan Anies demi dianggap orang Indonesia asli.

“Jogja jadi orang Jogja. Datang ke Jawa Tengah, Banyuwangi atau apa jadi orang sana, biar dibilang orang Indonesia asli,” kata Ruhutsaat dihubungi, Rabu (11/5).

Ruhut mengaku tidak ada niat melontarkan penghinaan. Dia juga menyebut foto Anies yang ia sebar tidak mengandung unsur penghinaan.

Ruhut pun dilaporkan ke polisi buntut unggahan foto itu. Ruhut dilaporkan dengan tuduhan pelanggaran UU ITE berkaitan dengan SARA.

Ruhut dilaporkan Panglima Komandan Patriot Revolusi (Kopatrev) Petrodes Mega MS Keliduan atau Mega ke Polda Metro Jaya, pada Rabu (11/5). Ruhut Sitompul dinilai telah menimbulkan kebencian antar-suku, ras dan golongan karena postingannya itu.

“Pelapor selaku pemuda Papua, melaporkan akun @ruhutsitompul ke Polda Metro Jaya, laporannya masih diteliti,” ujar Zulpan saat dihubungi, Kamis (12/5).***

Tinggalkan Balasan