Kamis, 29 Februari 2024

Laga Brasil vs Argentina Ditunda 30 Menit Karena JIS Digenangi Air, Kenapa Atapnya Tidak Ditutup?

Ikuti Riaunews.com di Google Berita
 
Jakarta International Stadium (JIS) tergenang air sehingga laga Piala Dunia U-17 2023 antara Brasil vs Argentina sempat ditunda selama 30 menit. (Foto: Liputan6)

Jakarta (Riaunews.com) – Laga Piala Dunia U-17 2023 antara Brasil vs Argentina sempat ditunda selama 30 menit karena Jakarta International Stadium (JIS) tergenang air. Pertanyaan kemudian muncul kenapa atap JIS tidak ditutup?

Hujan deras menyelimuti wilayah sekitar Stadion JIS jelang pertandingan perempat final Piala Dunia U-17 2023 antara Brasil vs Argentina. Air yang menggenang di sisi lapangan depan tribune barat JIS membuat pertandingan ditunda selama 30 menit.

Sebanyak 10 orang pekerja lantas dikerahkan untuk menyapu air yang menggenang ke sisi luar lapangan dengan alat dorong. Laga Brasil vs Argentina kemudian dimulai pukul 19.30 WIB.

Warganet kemudian mempertanyakan kenapa atap Stadion JIS tidak ditutup ketika hujan deras turun?

Jika merujuk regulasi kompetisi FIFA Pasal 22 terkait ‘Stadium Infrastructure and Equipment’, dijelaskan mengenai penggunaan atap stadion di poin keenam.

Dalam regulasi itu disebutkan penggunaan atap stadion dibuka atau ditutup diputuskan oleh Komisioner Pertandingan FIFA setelah berkonsultasi dengan wasit dan ofisial kedua tim yang bertanding.

“Jika sebuah stadion memiliki atap yang bisa dibuka, Komisioner Pertandingan FIFA, setelah berkonsultasi dengan wasit dan ofisial kedua tim, harus memutuskan sebelum pertandingan apakah atap harus terbuka atau tertutup selama pertandingan.”

“Keputusan ini harus diumumkan pada rapat koordinasi pertandingan, dan selanjutnya dapat diubah sebelum kick-off jika tiba-tiba terjadi perubahan kondisi cuaca yang signifikan,” bunyi regulasi FIFA.

Jika diputuskan pertandingan digelar dengan atap terbuka dan kemudian ada perubahan cuaca yang signifikan, maka Komisioner Pertandingan FIFA bisa mengambil keputusan untuk menutup atap stadion.

Berikut isi regulasi FIFA tersebut:
“Jika pertandingan dimulai dengan atap tertutup, maka atap akan tetap ditutup selama seluruh pertandingan. Jika pertandingan dimulai dari atap terbuka dan ada perubahan serius dalam kondisi cuaca, Komisaris Pertandingan FIFA dan wasit mempunyai wewenang untuk memerintahkan penutupan atap selama pertandingan, dengan syarat keselamatan dan keamanan seluruh penonton, pemain dan pemangku kepentingan lainnya tetap dijamin sepenuhnya oleh asosiasi tuan rumah. Jika hal itu terjadi, atap harus tetap tertutup sampai akhir pertandingan.”

Dengan demikian terkait pertanyaan seputar kenapa atap JIS tidak ditutup ketika hujan deras turun, maka jawabannya ada di tangan Komisioner Pertandingan FIFA dan wasit sebagai pengambil keputusan.

Hingga kini belum ada pernyataan resmi dari FIFA ataupun panitia Piala Dunia U-17 2023 terkait genangan air maupun atap JIS yang tidak ditutup.

Satu hal yang pasti, sepanjang pertandingan Brasil vs Argentina berlangsung, lapangan JIS sudah tidak mengalami masalah genangan air.***

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *