Minggu, 25 September 2022

Menag Yaqut Sibuk Atur Suara Azan, Justin Bieber hingga Kate Humble yang Non Muslim Dunia Justru Terpesona

Menteri Agama Yaqut Cholil Qumas.

Pekanbaru (Riaunews.com) – Di tengah isu ramainya pembicaraan terkait pengeras suara masjid atau musala, ternyata suara azan punya kesan yang memberikan pengalaman takjub juga untuk non muslim.

Deretan tokoh dunia di bawah ini mungkin bukan pejabat ataupun sekelas Menteri Agama di negaranya.

Tapi mereka menghormati pemeluk agama lainnya bahkan tak malu mengakui akan kekagumannya terhadap panggilan sholat 5 waktu tersebut.

Jika mereka yang Non-Muslim saja menyukai bahkan sangat menghargai suara Azan, bagaimana dengan kita yang seorang muslim?

Lalu siapa saja mereka? Berikut ini rangkumannya, dihimpun inilah.com dari berbagai sumber.

 

Justin Bieber.

1. Justin Bieber
Justin Bieber merupakan seorang penyanyi internasional berkebangsaan Kanada yang sangat terkenal, bukan hanya lagu-lagu nya yang sangat populer, paras wajahnya yang tampan menjadi magnet para kaum hawa.

Meskipun Justin Bieber seorang Non-Muslim, tapi dia sangat menyukai dan menghormati suara Azan. Bahkan, dia sampai menghentikan konsernya saat suara Azan pada tahun 2013 silam.

Pelantun lagu “The Baby” itu, ketika kumandang azan berlangsung, segera turun dari panggung. Ia hentikan konsernya dan jeda sejenak.

Selesai azan berkumandang, ia kembali lanjutkan konsernya. Mengetahui kabar itu, penggemar Bieber segera melontarkan banyak pujiannya secara langsung.

 

Morgan Freeman.

2. Morgan Freeman
Morgan Freeman merupakan seorang aktor dan sutradara terkenal di Amerika Serikat, saat ini dia tinggal di Charleston Mississippi.

Baca juga Sempat Meroket, Token Asix Anang Terjun Bebas Setelah Dilarang Bappebti
Ketertarikan pria yang memilki suara dalam yang khas itu dengan suara Azan bermula ketika saat pertemuannya dengan seorang imam di Kairo, Mesir yang sangat menggugah hati Morgan Freeman.

Saat itu ia sedang mengeksplorasi agama yang berbeda di film dokumenternya di National Geographic yang berjudul “The Story of God,” dimana bertujuan untuk menceritakan bagaimana budaya bekerja di agama lain di dunia.

“Saya tepat pada waktunya mendengar apa yang dipercayai umat muslim, ini adalah salah satu suara terindah di dunia, panggilan untuk shalat,” kata Freeman dalam dokumenter tersebut.

Tak hanya mengagumi, Freeman bahkan mencoba melantunkan azan di hadapan imam yang diwawancarainya tersebut.

“Allahu akbar…bagaimana dengan itu?” tanyanya menurujuk pada suaranya sendiri.

 

Liam Neeson

3. Liam Neeson
Artis yang satu ini merupakan seorang aktor film keturunan Irlandia Utara yang memiliki penampilannya yang khas pada setiap filmnya.

Bukan hanya jago akting, walaupun dia seorang Non-Muslim, ternyata aktor berusia 69 tahun itu sangat menyukai suara Azan. Hal itu berawal ketika dia mendengar suara Azan di Turki ketika syuting film Taken, menurutnya ketika mendengar lantuna Azan hatinya sangat bergetar.

“Kumandang Azan terdengar lima kali sehari (selama saya di Turki). Pada minggu-minggu pertama, menurut saya, suara itu sangat mengganggu. Namun, perlahan suara azan begitu menyentuh jiwamu dan menjadi sesuatu yang benar-benar indah. Ada lebih dari empat ribu masjid di kota ini. Beberapa membuat saya terpukau. Sungguh membuat saya berpikir, untuk menjadi seorang Muslim,” kata Neeson saat itu.

Dia pun merasa benar-benar cinta akan cara Muslim beribadah.

“Awalnya, saya pikir (Azan) itu sangat mengganggu karena kerap membangunkan tidur saya. Namun, kemudian saya justru menanti-nantinya tiap hari,” ungkap Neeson.

 

Salman Khan.

4. Salman Khan
Aktor Bollywood Salman Khan dikenal tumbuh dari latar keluarga yang berbeda agama yakni Hindu dan Islam. Sikap toleransi Salman Khan pun sangatlah tinggi. hal tersebuet sempat terlihat saat video lama Salman Khan saat launcing program acaranya yang berjudul Big Boss viral di media sosial. Hal ini terlihat lewat postingan salah satu akun yang mengunggah video Salman Khan tersebut.

Dalam acara itu, Salman Khan menunjukkan aksi tak terduga. Saat itu, seorang MC berdiri bersama-sama dengan Salman Khan di atas panggung. MC tersebut tengah membuka acara dan memperkenalkan tentang program terbaru Salman Khan tersebut.

Namun di pertengahan acara, terdengar suara azan yang memenuhi ruangan yang dihadiri Salman Khan dan beberapa orang lainnya. Awalnya, MC tersebut tidak peka terhadap suara azan yang berkumandang itu dan tetap melanjutkan pembicaraannya.

Dengan sigap, Salman Khan kemudian menghentikan pembicaraan MC tersebut dan memberi kode agar melanjutkan pembicaraan usai azan selesai.

 

Kate Humble.

5. Kate Humble
Bernama lengkap Katherine Mary Humble adalah seorang wanita berprofesi sebagai jurnalis, presenter dan narator televisi asal Inggris, fokusnya bekerja untuk BBC, yang mengkhususkan diri dalam program satwa liar dan sains.

Ia pertama kali kedapatan mengagumi azan ketika meliput kawasan negara Arab Saudi pada tahun 2015. Saat itu videonya viral memperlihatkan bagaimana ia kaget dan terhanyut ke dalam lantunan suara panggilan ibadah bagi umat Islam tersebut.

Ia yang sedang berada di atap sebuah bangunan ketika waktu maghrib tiba, mendengar suara azan bersaut-sahutan menyuarakan azan. Dan lingkungan sekitar seakan tergerak untuk mengikuti petintah shalat.

“Oh, indahnya, Aku merasa tersentuh,” ucapnya.

Ia berbicara dalam narasi kepada pemirsa televisi, bahwa ia tak pernah mendapatkan pengalaman seindah ini di hidupnya.

Di akhir tayangan, Kate pun tampak kaget sendiri, ketika bulir air mata tak terasa menetes dari matanya.***

Tinggalkan Balasan