Sabtu, 28 Mei 2022

Menang Adu Pinalti Atas Kamerun, Mesir Lolos Ke Final Piala Afrika

Mesir melaju ke final Piala Afrika usai mengalahkan tuan rumah Kamerun lewat adu pinalti.

Yaounde (Riaunews.com) – Timnas Mesir melangkah ke final Piala Afrika 2021 setelah menang 3-1 atas Kamerun lewat adu penalti di semifinal di Stadion Paul Biya, Yaounde, Kamerun, Jumat (4/2/2022) dini hari WIB.

Mesir bakal bertarung dengan Senegal yang sudah lebih dulu memastikan satu tempat di laga puncak.

Dalam pertandingan, kedudukan berakhir seri 0-0 untuk Mesir dan Kamerun sekalipun telah mendapat perpanjangan waktu.

Tim melaju ke final Piala Afrika 2021 lantas ditentukan lewat adu penalti, di mana Mesir berhasil unggul 3-1 atas Kamerun berkat tendangan Mohanad Lasheen, Mohamed Abdelmonem, dan Ahmed Sayed.

Semula, laga ini dibuka dengan pemain Kamerun, Nicolas Moumi Ngamaleu yang mengayunkan umpan silang ke dalam kotak, tapi terlalu dekat dengan Gabaski, yang menahan bola.

Ngamaleu sempat terjatuh di dalam kotak setelah mendapat tekel dari pemain bertahan, tapi wasit hanya melambaikan tangan.

Kedua tim lantas saling menyerang dan bertahan, di mana beberapa peluang gagal dieksekusi, seperti yang dilakukan Vincent Aboubakar di menit 18.

Aboubakar bereaksi dengan baik untuk memanfaatkan bola pantul di dalam kotak, tapi tembakannya bisa diblok dengan baik.

Pada menit 37, Omar Kamal diganjar kartu kuning karena melakukan pelanggaran terhadap lawannya. Ia terlihat marah dengan keputusan tersebut.

Memasuki babak kedua, timnas Kamerun mengawalinya dengan kesalahan yang membuat Mesir menerima tendangan bebas. Sayangnya, kesempatan itu gagal membuat kedudukan unggul.

Upaya keras kedua tim membuat mereka jatuh bangun untuk memperoleh angka. Mohamed Salah membuka peluang di menit 56, tapi Andre Onana cukup cepat untuk menghentikannya.

Lalu di menit-menit 60, masing-masing tim menerima satu kartu kuning untuk Mohamed Elneny dan Samuel Oum Gouet.

Elneny masuk ke buku wasit karena perbedaan pendapat, sedangkan Gouet melakukan pelanggaran. Beberapa pemain juga mengalami cedera.

Pada menit-menit terakhir, pelatih Carlos Queiroz diganjar dengan kartu merah saat memasuki waktu tambahan.

Hingga akhir, kedudukan tetap seri 0-0 untuk Kamerun dan Mesir sekalipun telah mendapat perpanjangan waktu di semifinal Piala Afrika. Hasil pertandingan pun akhirnya ditentukan lewat adu penalti.

Mesir berhasil unggul 3-1 berkat tendangan Mohanad Lasheen, Mohamed Abdelmonem, dan Ahmed Sayed yang membuatnya memastikan langkah ke babak final Piala Afrika 2021.***

Tinggalkan Balasan