Selasa, 6 Desember 2022

Mengintip Suasana Ibadah Komunitas Yahudi di Sinagoge Minahasa

Suasana di sinagoge, tempat ibadah Yahudi, di Kelurahan Rerewokan, Tondano Barat, Minahasa, Sulawesi Utara. (Foto: detikcom)

Minahasa (Riaunews.com) – Ramai diperbincangkan sinagoge, tempat ibadah Yahudi di Kelurahan Rerewokan, Tondano Barat, Minahasa, Sulawesi Utara. Begini suasana saat penganut Yahudi melangsungkan ibadah Sabat.

Ibadah berlangsung di sinagoge Shaar Hashamayim, pada Sabtu (5/2/2022). Dalam ibadah sabat saat, tampak sejumlah kaum pria menggunakan talit. Ibadah berlangsung dengan aman.

Perempuan dan laki-laki duduk terpisah. Ada sekat atau pembatas yang memisahkan tempat laki-laki dan perempuna.

Dalam ibadah tersebut, terlihat salah seorang khazan yang memimpin ibadah Sabat. Tak hanya orang dewasa, beberapa anak-anak pun ikut beribadah di sinagoge.

Khazan memimpin ibadah Sabat dengan membaca Sidur di atas altar. Kemudian, jemaat yang hadir pun ikut memanjatkan doa amida serta bernyanyi.

Dalam beberapa doa yang dipanjatkan, Rabbi terlihat menggunakan tallit, kain ibadah yang dipakai orang Yahudi.

Setelah itu, jamaat Yahudi melakukan shema atau melakukan pengakuan iman. Kemudian terlihat beberapa kaum pria naik di atas podium untuk bersama-sama dengan seorang Khazan membaca torah.

“Ini ibadah sabat, dilaksanakan rutin mingguan,” kata pemimpin sinagogue Shaar Hashamayim, Rabbi Yaakov Baruch saat ditemui wartawan, Sabtu (5/2/2022).

Ibadah sabat di sinagoge kali ini diikuti oleh kurang lebih belasan orang, yang terdiri dari laki-laki dewasa, anak-anak serta perempuan.

“Jumlah jemaat sinagoge Tondano sebanyak dua puluh orang lebih,” katanya.***

Tinggalkan Balasan