Kamis, 13 Juni 2024

Menurut Mentan petani yang miskin karena tak mensyukuri nikmat Tuhan

Ikuti Riaunews.com di Google Berita
 
Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo.

Minahasa (Riaunews.com) – Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo menanggapi paradigma masyarakat bahwa petani itu miskin. Ia bilang, petani tidak miskin dan tidak terbelakang. Menurutnya, kalau ada petani miskin, itu karena tidak mensyukuri nikmat Tuhan.

“Paradigma petani orang miskin, salah itu. Petani itu adalah yang terkebelakang, salah itu,” sebut Mentan Syahrul Yasin Limpo pada pada acara tanam sekaligus panen integrasi kedelai-kelapa dan panen jagung di Desa Tontalete, Kecamatan Kema, Kabupaten Minahasa Utara (Minut), Sulawesi Utara, Senin (31/8/2020).

Mentan mencontohkan orang di Amerika saat dilanda krisis COVID-19 kembali bertani, Jepang bisa besar seperti sekarang ini meninggalkan profesi lain dan menghidupkan pertanian karena COVID-19 yang mencekam.

Oleh karena itu, lanjut dia, mengapa Sulawesi Utara tidak manfaatkan nikmat lahan pertanian yang diberikan Tuhan.

“Kiri kanan hijau tuh, matahari kita seperti ini tidak gampang. Di negara lain ada empat musim, ada dingin, dingin banget, ada panas ada semi semi, empat musim kita cuma dua, negara tropis adalah negara kaya,” kata Mentan Syahrul Yasin Limpo.

Petani miskin, kata Mentan, hanya yang tidak mensyukuri nikmat Tuhan yang telah diberikan kepadanya.

“Kita berbahagia berada di Sulawesi Utara karena tanah di sini subur, tanah subur menjanjikan kehidupan, kecuali kita termasuk orang yang tidak mensyukuri nikmat Tuhan,” ujar Mentan Syahrul Yasin Limpo.

“Karena itu, pertanian sesuatu yang selalu memang bisa menjanjikan orang hidup lebih baik dan bisa bertahan,” ujar Mentan Syahrul Yasin Limpo.

Kunjungan kerja Mentan ke Sulawesi Utara didampingi pejabat kementerian, Sekretaris Daerah Sulut Edwin Silangen, Forkopimda Sulut, Bupati Minahasa Utara Vonnie A Panambunan, perbankan, kelompok tani serta undangan lainnya.***

Sumber: era.id
Editor: ILVA

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *