Selasa, 23 Juli 2024

PDIP ‘Kepanasan’ Ketika Anies Baswedan Pamer Penghargaan di Medsos

Ikuti Riaunews.com di Google Berita
 
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan memamerkan penghargaan TOP Digital, yang sukses membuat pihak lain ‘kepanasan’. (Foto: Tangkapan Layar Twitter)

Jakarta (Riaunews.com) – Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan baru-baru ini pamer penghargaan yang diraih pemerintahan provinsi yang dipimpinnya, yakni TOP Digital Awards 2020.

Ternyata aksi Anies tersebut membuat sejumlah kalangan ‘kepanasan’, dan langsung memberikan reaksi.

Salah satunya datang dari Politisi PDIP, Gilbert Simanjuntak, yang mengatakan warga Jakarta tak membutuhkan penghargaan yang dipamerkan Anies tersebut.

Selama ini, kata Gilbert, masyarakat Jakarta tidak merasakan manfaat dari kerja Pemerintah Provinsi DKI terkait penghargaan tersebut.

“Pencapaian Sistem Digital Pemprov dan Gubernur meskipun pencapaian ini tidak dirasakan masyarakat,” ungkap Gilbert kepada JPNN.com, Ahad (27/12/2020).

Menurut Mantan Wakil Rektor Akademik Universitas Kristen Indonesia (UKI) itu, yang dibutuhkan warga Jakarta ialah memaksimalkan sektor di bidang Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM).

Dia menilai, selama ini Pemerintah Provinsi DKI Jakarta masih minim membuat kebijakan yang menyentuh masyarakat kelas menengah ke bawah.

“Sektor yang dibutuhkan masyarakat misalnya UMKM yang minim sentuhan, juga sektor informal yang hampir tanpa sentuhan. Ini tidak butuh sistem digital itu, tetapi butuh kebijakan anggaran dan program,” katanya.

Lebih lanjut, anggota DPRD DKI Fraksi PDI Perjuangan itu menyebut kebijakan yang dirasakan masyarakat kelas ke bawah dan para pelaku usaha kecil di Jakarta merupakan produk pemerintah pusat.

“Saat ini hampir semua kebijakan anggaran dan program UMKM di DKI adalah dari APBN (Pemerintah Pusat), minim sekali yang berasal dari APBD (Pemprov DKI). Percuma sistem digital dibangun kalau tidak ada kebijakan pro-rakyat,” katanya.

Pada Desember 2020, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta mendapatkan tiga penghargaan secara beruntun di antaranya Penghargaan Innovative Government Award (IGA) 2020 dari Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) RI.

Kemudian penghargaan Hak Asasi Manusia (HAM) dari Kementerian Hukum dan HAM RI, dan TOP Digital Awards 2020.

Semua piagam penghargaan itu dipamerkan Anies Baswedan di media sosial. Gilbert berharap Anies segera pulih dari Covid-19.

Agar mantan Mendikbud itu segera fokus pada penanganan wabah Covid-19 yang juga terus melonjak naik pada bulan ini.***

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *