Kamis, 28 Maret 2024

Pemerintah India Hancurkan Rumah Aktivis Muslim yang Ikut Unjuk Rasa anti-Penghinaan Nabi

Ikuti Riaunews.com di Google Berita
 
Pemerintah India hancurkan rumah aktivis Muslim yang ikut dalam aksi anti penghinaan Nabi Muhammad yang berujung rusuh. (Foto: reuters)

New Delhi (Riaunews.com) – Pihak berwenang di negara bagian Uttar Pradesh, India menghancurkan rumah beberapa orang yang dituduh terlibat dalam kerusuhan setelah demo menentang penghinaan Nabi Muhammad, pekan lalu.

Selama akhir pekan, kepala menteri negara bagian Uttar Pradesh, Yogi Adityanath, memerintahkan penghancuran tempat-tempat ilegal dan rumah orang-orang yang dituduh terlibat dalam kerusuhan menyusul demo menentang penghinaan Nabi Muhammad di sana, kata juru bicara BJP Uttar Pradesh, Ahad (12/6/2022).

Rumah seorang terduga dalang kerusuhan, yang putrinya adalah seorang aktivis hak-hak Muslim perempuan, dihancurkan di tengah kehadiran polisi pada hari Minggu. Properti dua orang lagi yang dituduh melempar batu setelah salat Jumat juga dihancurkan di negara bagian itu.

Mrityunjay Kumar, penasihat media Adityanath, men-tweet foto buldoser yang menghancurkan sebuah bangunan dan mengatakan, “Ingat elemen-elemen yang tidak dapat diatur, setiap hari Jumat diikuti oleh hari Sabtu.”

Para pemimpin oposisi mengatakan pemerintahan Adityanath sedang mengejar metode yang tidak konstitusional untuk membungkam pengunjuk rasa.

Perdana Menteri Narendra Modi sejauh ini belum mengomentari kerusuhan komunal.

Di negara bagian Bengal Barat, pihak berwenang memberlakukan undang-undang darurat yang melarang pertemuan publik di distrik industri Howrah hingga 16 Juni.

Ketua BJP Benggala Barat pada hari Ahad melakukan protes duduk dan menuduh negara tetangga Bangladesh, negara berpenduduk mayoritas Muslim, menghasut kekerasan di negara bagian tersebut.

Pekan lalu negara-negara seperti Qatar, Arab Saudi, UEA, Oman, Iran – yang merupakan mitra dagang utama India – mengajukan protes diplomatik untuk menuntut permintaan maaf dari pemerintah Modi atas komentar yang dinilai menghina Nabi.

Di Kashmir, polisi menangkap seorang pemuda karena memposting video ancaman akan memenggal kepala mantan juru bicara partai berkuasa yang dianggap menghina Nabi, kata para pejabat. Video yang beredar di YouTube telah ditarik oleh pihak berwenang.

Muslim turun ke jalan di seluruh India dalam beberapa pekan terakhir untuk memprotes komentar anti-Islam oleh dua anggota partai nasionalis Hindu Bharatiya Janata Party (BJP) pimpinan Perdana Menteri Narendra Modi.

Bentrokan pecah antara Muslim dan Hindu dan dalam beberapa kasus antara pengunjuk rasa dan polisi di beberapa daerah. Polisi di Uttar Pradesh menangkap lebih dari 300 orang sehubungan dengan kerusuhan itu

Beberapa komunitas Muslim minoritas India melihat komentar tersebut sebagai contoh terbaru dari tekanan dan penghinaan di bawah aturan BJP tentang berbagai masalah mulai dari kebebasan beribadah hingga pemakaian jilbab.

BJP menskors juru bicaranya Nupur Sharma dan memecat pemimpin lain, Naveen Kumar Jindal, karena komentarnya, yang juga menyebabkan pertikaian diplomatik dengan beberapa negara Muslim.

Pada hari Minggu, Jindal mengatakan keluarganya menghadapi ancaman terus menerus dan beberapa pengikutnya mengatakan sebuah bom dijinakkan di dekat kediamannya di ibu kota New Delhi.

Polisi telah mengajukan kasus terhadap keduanya dan pemerintah mengatakan komentar itu tidak mencerminkan pandangannya.

Kelompok-kelompok Muslim menuntut penangkapan mereka, sementara beberapa kelompok Hindu garis keras mencap mereka sebagai politisi pemberani dan nasionalis.***

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *