Kamis, 18 Juli 2024

Prabowo Koar-koar Makan Siang Gratis Jika Terpilih Jadi Presiden, Tim Anies: Anggarannya dari Mana?

Ikuti Riaunews.com di Google Berita
 
Bakal calon presiden Prabowo Subianto.

Jakarta (Riaunews.com) – Tim Visi-Misi Anies Baswedan, Wijayanto Samirin, melontarkan pertanyaan mengenai anggaran makan siang gratis yang digagas oleh bakal calon presiden lainnya Prabowo Subianto.

Wijayanto mengatakan, program makan siang gratis itu menyasar murid, santri dan ibu hamil. Jika dihitung, sasarannya sekitar 82 juta orang.

“Nah, fiskalnya dari mana? Kalau kita anggarannya taruh lah Rp 25 ribu sekali makan, ini sudah hampir Rp 2 triliun setiap hari,” ujar Wijayanto dalam Debat Tim Capres di Graha CIMB Niaga, Jakarta pada Kamis malam, 9 November 2023.

Dewan Pakar Tim Kampanye Nasional (TKN) Prabowo-Gibran, Panji Irawan, langsung menanggapi pertanyaan tersebut. Panji sepakat bahwa program tersebut memerlukan biaya yang kemungkinan mencapai ratusan triliun.

“Tapi kita juga sudah menghitung bahwasanya kita punya koleksi dari tax (pajak) masih banyak kebocoran,” kata Panji dalam kesempatan yang sama.

Oleh karena itu, lanjut dia, salah satu program prioritas Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming adalah penyempurnaan sistem penerimaan negara. Ini dilakukan dengan membentuk Badan Penerimaan Negara.

“Ini masih banyak yang bisa diotak-atik dari sisi revenue (pendapatan), tidak hanya tax (pajak), tapi juga penerimaan non-pajak,” ucap Panji.

Di sisi lain, dia menyebut perlu intensifikasi dan menaikkan tax ratio atau rasio pajak. Panji mengatakan kini tax ratio Indonesia berada di kisaran 10 persen. “Ini mesti ditinggikan,” tutur dia.***

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *