Rabu, 17 Agustus 2022

Prabowo Tak Direkomendasikan DPW NasDem jadi Capres, Anies Pilihan Mayoritas

Momen saat Prabowo Subianto menggebrak meja dalam kampenye Pilpres 2019 silam. (Foto: Antara)

Jakarta (Riaunews.com) – Ketua Umum Gerindra Prabowo Subianto disebut masih berpeluang menjadi calon presiden (capres) pilihan Partai NasDem meski namanya tak direkomendasika oleh dewan pimpinan wilayah (DPW).

Sekjen NasDem Johnny G. Plate mengungkap masih ada kemungkinan nama Prabowo diusulkan oleh dewan pimpinan pusat (DPP) NasDem.

“Selalu terbuka peluang [Prabowo diusung NasDem] itu oleh Ketua Umum [Surya Paloh],” ujar Plate kepada wartawan di Hotel Sultan, Senayan, Jakarta Pusat, Kamis (16/6).

“Yang ada tadi disampaikan di dalam forum rapat pleno adalah rekomendasi DPW. Pada saat penggodokan di screening commitee itu ada DPP NasDem, DPP bisa nambah, bisa tidak menambah,” tambah Plate.

Menurutnya, hasil usulan DPW masih merupakan langkah awal dan bisa berlanjut hingga beberapa tahap.

“Makanya jangan refer pada hasil yang tadi saja. Saya kan sudah sampaikan tadi bahwa ini baru usulan yang sangat awal yang prosesnya akan melalui beberapa tahap. Sehingga lebih baik menunggu sampai nanti short list tiga nama,” ucapnya.

Menteri Komunikasi dan Informasi ini pun menegaskan bahwa DPP memiliki hak yang sama dengan masing-masing DPW untuk memberikan rekomendasi nama capres.

“Kan nggak fair juga kalau hanya daerah yang boleh. Yang boleh adalah seluruh instrumen dan keluarga besar Partai NasDem,” tutur Plate.

PDIP Ingatkan Menteri Baru: Bergerak untuk Rakyat, Bukan Fokus Nyapres
Ia menjabarkan secara rinci hasil pleno yang diberikan oleh DPW nantinya akan menjadi sebatas pertimbangan.

“DPP tentu mempunyai kewenangan juga sebagai bagian dari keluarga besar Nasdem untuk menyampaikan pendapatnya,” tegas Plate.

Rakernas NasDem diwarnai berbagai usulan nama capres untuk diusung di Pilpres 2024 dari DPW. Tiap DPW bisa mengusulkan 3-5 nama.

Tokoh yang paling banyak diusulkan adalah Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan. Ada 32 DPW yang mengusulkan. Dua wilayah yang tidak mengusulkan nama Anies adalah Papua Barat dan Kalimantan Timur.

Tokoh lain yang banyak diusulkan kader NasDem adalah Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo. Kader PDIP itu diusulkan 29 DPW NasDem di Rakernas.***

Tinggalkan Balasan