Selasa, 6 Desember 2022

Rocky Gerung Mengaku Singgung Nasib IKN dan Kota Solo Kala Dikunjungi Gibran

Wali Kota Solo yang merupakan putra Presiden Joko Widodo Gibran Rakabuming (kanan) mengunjungi Rocky Gerung di kediamannya di Sentul, Bogor. (Foto: Twitter Gibran Rakabuming)

Jakarta (Riaunews.com) – Pengamat politik Rocky Gerung buka suara soal berbagai topik yang dibahas saat berbincang dengan Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka di kediamannya, Sentul, Jawa Barat, Jumat (23/9/2022).

Ia mengaku sempat menyinggung pembangunan Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara yang digencarkan ayah Gibran, Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Baca Juga: Rocky Gerung Perkirakan Anies Bakal Sering Dipanggil KPK Jelang Pilpres

Hal tersebut diungkapkan Rocky saat membahas rencana Gibran mengajak anak muda hingga milenial untuk menjadikan Solo sebagai kota yang melek digital. Ia menilai langkah tersebut merupakan ide bagus, dan menyebut lebih baik menjadikan Solo sebagai ibu kota milenial daripada membangun ibu kota baru.

“Saya bilang bagus saja, kan itu ide bagus dan kita dorong. Silakan Anda lakukan itu karena satu hari orang akan ingat ada kota yang disebut kota yang berpikir, kota intelektual,” kata Rocky dalam wawancara yang diunggah kanal YouTube Rocky Gerung Official, Sabtu (24/9/2022).

“Bahkan saya kritik ibu kota. Mending jadikan Solo ibu kota milenial daripada membangun ibu kota negara di Kalimantan Timur,” lanjutnya.

Rocky juga mengakui bahwa Gibran merupakan sosok potensial yang dapat merealisasikan ide tersebut di Solo, lantaran usianya yang masih muda sehingga relevan dengan perkembangan zaman.

Namun, ia juga menegaskan tidak ada urusan politik dalam perbincangan mereka. Pengamat politik itu memastikan obrolan yang berlangsung selama dua jam itu tidak mengandung perbincangan soal negosiasi politik, terutama tawaran jabatan.

“Dia sebagai anak muda yang potensial untuk memimpin Solo dengan ide itu karena memang eranya ada di dia,” ucap Rocky Gerung.

“Tapi tetap itu percakapan untuk tukar-menukar gagasan, bukan tukar menukar jabatan. Jadi enggak ada pembicaraan tentang sinyal-sinyal jabatan di situ dengan saya,” lanjutnya.

Diketahui, Wali Kota Solo Gibran Rakabuming baru-baru ini mendatangi Rocky Gerung di kediamannya. Mereka membahas berbagai hal mengenai keadaan Indonesia dari berbagai sisi, termasuk politik hingga ekonomi.

Baca Juga: Duduk Bareng, Luhut Pada Rocky Gerung: Anda Hebat Kritik Saya dan Presiden

Kiprah ayah Gibran sebagai presiden juga tak luput disinggung, termasuk soal isu tiga periode yang mencuat menjelang masa Pilpres 2024. Perbincangan itu pun membahas seberapa jauh partai politik di Indonesia telah menjalankan fungsinya.

Sebelumnya, Rocky Gerung juga bertemu dengan Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan.

Dalam kesempatan tersebut, mereka membahas berbagai hal, mulai kiprah Luhut sebagai menteri hingga kondisi Indonesia selama era Jokowi. Obrolan Rocky dengan Luhut tersebut kemudian diunggah ke kanal YouTube RGTV Channel.***

Tinggalkan Balasan